Rupiah Melemah Dikhawatirkan Beri Dampak Negatif ke Dunia Usaha

itoday - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak tidak stabil bahkan melemah dalam perdagangan beberapa waktu belakangan. Mengutip data Bloomberg, nilai tukar (kurs) sempat menyentuh level Rp 13.613 per USD pada perdagangan Selasa (6/2).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, mengatakan, kurs yang terlalu tinggi tidak bagus bagi dunia usaha. Kurs yang cenderung tidak stabil juga akan mengganggu pengambilan keputusan pada dunia usaha.

"Artinya tentu saja bagi dunia usaha kurs itu enggak baik kalau terlalu tinggi. Kalau dampak ekonominya itu ya enggak buru-buru kalau dampak volatilitas keluarnya. Tapi dia akan cenderung mengganggu pengambilan keputusan di dunia usaha," ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Kamis (8/2).

Darmin mengatakan, kurs yang tidak stabil membuat pengusaha menahan diri dalam pengambilan kebijakan. Namun jika kurs dan volatilitas terjaga maka akan lebih mudah bagi pengusaha menentukan langkah ke depan.

"Kalau kurs stabil, pengambilan keputusan itu lebih mudah dan kalau ada volatilitas ya pengambilan keputusan sedikit lebih susah, karena orang kurang pasti ke depannya bagaimana," tandasnya. 

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 20 Februari 2018 - 11:30 WIB

Rupiah Diprediksi Masih Bergerak Flat

Kamis, , 15 Februari 2018 - 11:53 WIB

Rupiah Berpotensi Kembali Melemah

Selasa, , 13 Februari 2018 - 10:43 WIB

Rupiah Diprediksi Belum Menguat

Telah dilihat : 2727 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2710 kali

sahabat total episode 1