Deretan Komoditas Pangan Ini Berpotensi Naik Jelang Puasa

 

 

itoday - Menjelang bulan Ramadan, yang kurang dari dua pekan lagi, harga komoditas pangan diperkirakan mengalami kenaikan. Fenomena yang hampir sama berulang setiap tahunnya.

Komoditas pangan yang perlu diwaspadai mengalami gejolak harga menjelang puasa, antara lain daging ayam dan telur ayam. Kenaikan harga pangan diperkirakan terjadi tiga hari sebelum memasuki bulan puasa.

"Seperti ayam potong, ayam ras, ayam boiler dan telur ayam mengalami kenaikan dalam kurun waktu yang sama," tutur Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (14/5/2017).

 

Selain itu, gula pasir juga diprediksi mengalami kenaikan menjelang puasa seiring meningkatnya konsumsi makanan manis untuk menu buka puasa. Harga daging sapi pun diperkirakan mengalami kenaikan dari harga saat ini di kisaran Rp 113.000 per kg.

Tidak hanya itu, harga minyak goreng juga diprediksi ikut mengalami kenaikan dari kisaran Rp 13.000 per kg. Tak ketinggalan, seluruh jenis cabai pun diperkirakan mengalami lonjakan jelang puasa dua minggu lagi

"Semua jenis cabai potensi naik, tapi lebih banyak di cabai TW (merah besar) sama rawit merah," tutur Mansuri.

Kenaikan harga pangan jelang puasa ini, diperkirakan berlangsung selama minggu pertama dan mengalami sedikit penurunan di minggu kedua. Hingga kembali mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Pola kenaikan pasti, tapi penurunannya enggak jelas," kata Mansuri. (mkj/mkj)

 

 

sumber  berita : detikfinance/foto : www.google.com

Komentar

Artikel Terkait