Menguat Selama 4 Hari Beruntun,Hari ini Rupiah Melemah



itoday - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Setelah menguat selama empat hari beruntun, rupiah sepertinya mulai kehabisan 'bensin'.

Pada Rabu (29/5/2019), US$ 1 dibanderol Rp 14.380 kala pembukaan perdagangan pasar spot. Rupiah melemah 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Seiring perjalanan pasar, rupiah terus melemah. Pada pukul 08:06 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.385 di mana rupiah melemah 0,1%.

Sampai kemarin, rupiah telah menguat selama 4 hari berturut-turut. Selama emat hari tersebut, apresiasi rupiah terhadap dolar AS mencapai 1,03%.



Penguatan rupiah yang sudah cukup tajam itu menyebabkan mata uang Tanah Air rentan melemah. Investor yang sudah mendapatkan cuan lumayan tentu tergiur mencairkannya. Rupiah terkena tekanan jual dan akhirnya melemah.

Namun nasib rupiah sama seperti mayoritas mata uang utama Asia yang melemah terhadap dolar AS. Hanya yen Jepang dan dolar Singapura yang masih mampu menguat.

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 08:12 WIB:

Sumber

Komentar

Artikel Terkait