Nilai Tukar Rupiah Bergerak Menguat ke Level Rp 14.127 per USD

itoday - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak menguat di perdagangan hari ini, Rabu (3/7). Pagi tadi, Rupiah sempat dibuka melemah, namun langsung bergerak menguat usai pembukaan.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah pagi ini dibuka di level Rp 14.149 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.139 per USD. Namun, usai pembukaan Rupiah langsung menguat ke Rp 14.127 per USD.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, menyebutkan nilai tukar Rupiah terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski, dalam beberapa waktu terakhir ini, tekanan ekonomi dunia cukup tinggi.

"Perkembangan Rupiah cukup baik," kata Dodi saat ditemui di Mesjid BI, Jakarta, Jumat (28/6).

Kendati demikian, dia menyebutkan bank sentral akan terus memantau kondisi dan perkembangan ekonomi global yang dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas nilai tukar.

"Perkembangan di global tentunya kita menunggu sampai akhir Juni nanti ya," ujarnya.

Dia mengungkapkan, semua pihak saat ini masih menanti skenario trade war atau perang dagang antara AS dengan China yang masih tegang dan belum menemui titik terang.

"Tentunya harapannya masih 50 : 50 masih melihat skenario trade war ini tapi tentunya juga perkembangan terakhir positifnya sudah muncul kemungkinan akan ada deal yang mengarah ke penyelesaian," tutupnya. 

 

Sumber

Tags #Rupiah

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 09 Juli 2019 - 11:31 WIB

Hari Ini Rupiah Rp14.127/USD