Unik! Bangunan Ini Terbuat dari Ribuan Bebatuan

Foto: World Architecture

 

itoday - Perusahaan arsitektur yang berbasis di China, Atelier Alter baru saja merampungkan proyeknya di Beijing. Fasad dindingnya unik, sebab terbuat dari ribuan kubus yang terbuat dari batu dengan ukuran masing-masing 10 cm.

Dilansir dari laman World Architecture, perusahaan arsitek tersebut mengubah gudang usang menjadi sebuah galeri batu sekaligus cafe dengan fasad luarnya terdiri dari bebatuan. Ini bertujuan untuk memperlihatkan keanekaragaman hasil kerajinan batu dan menciptakan ruang bagi para arsitek agar bisa mempertimbangkan desain mereka dengan memanfaatkan batu.

Bahan-bahan konstruksi bangunan ini sederhana, bahkan bebatuan yang dimanfaatkan di bangunan ini masih asli. Namun, selagi konstruksi tahap demi tahap dilakukan, batu-batu tersebut pun sengaja dipoles agar menjadi lebih terang.

"Bentuk asli daripada batu-batu ini tampaknya akan hilang, soalnya batu secara bertahap mau tidak mau dibuat berbentuk kubus. Bagaimanapun, proyek ini berusaha untuk mengusulkan konstruksi yang lebih modern," kata arsitek.

Pada bagian depan bangunan, dindingnya terbuat dari tiga lapis batu berbentuk trapesium dan ada pintu sebagai pintu masuk ke cafe. Selagi perjalanan masuk dari pintu, akan terdapat sebuah taman yang mampu membawa cahaya dan angin ke dalam ruang ini.

Masuk ke dalam bangunan ini, pengunjung akan melihat satu set rak batu pada bagian dinding yang menyambut pengunjung ketika akan memasuki galeri.

Kemudian, pada bagian lainnya ada dinding terbuat dari batu berbentuk zigzag yang memisahkan antara ruang pameran, ruang pertemuan dan tempat penyimpanan batu-batu di antara ada ruang galeri dua lantai.

Restoran kecil, bar dan kafe ditempatkan persis berada di samping galeri. Ruang makan berada tidak jauh dari perpustakaan dan halaman internal.

Furnitur dan pencahayaan ruangan dirancang dengan lembar demi lembar veneer batu super tipis dan dipoles. Ini merupakan tingkatan terbaik dari pengolahan batu.


Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 54 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 47 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 143 kali

Nokia hadir di MWC 2017