Waw, Inilah 10 Bangunan Universitas Spekatakuler di Dunia

itoday - Universitas bukan hanya sekadar bangunan yang menampung para mahasiswa untuk menuntut ilmu. Di beberapa negara di dunia, banyak bangunan universitas yang dibangun secara spektakuler.

Megahnya bagunan dan tambahan beragam fasilitas tentunya sebagai daya tarik calon mahasiswa. Berikut ini 10 bangunan universitas spektakuler di dunia :

1. BIBLIOTECA CENTRAL, UNIVERSIDAD NACIONAL AUTONOMA DE MEXICO

Bangunan perpustakaan yang menyimpan 400.000 buku ini dibuka pada April 1956. Bagian luar dari bangunan itu ditutupi dengan ubin mosaik yang dilukis oleh Juan O'Gorman. Setiap dinding menceritakan sejarah Meksiko seperti pra-hispanik, kolonial, kontemporer, dan universitas modern di Meksiko.

2. BRADFIELD HALL, CORNELL UNIVERSITY, ITHACA, NEW YORK

Hampir seluruh bangunan ini adalah jendela yang memberikan kesan sebuah benteng pertahanan pada abad pertengahan. Bradfield Hall menjadi bangunan tertinggi di kampus itu dan dibuka pada 1969. Bangunan itu digunakan untuk tempat penelitian tanaman dan ilmu pengetahunan, bumi dan ilmu atmosfer, pemuliaan tanaman, serta genetika.

3. BRAND BARU KAMPUS LUIGI EINAUDI, UNIVERSITA DEGLI STUDI, TORINO, ITALIA.

Bangunan kampus di Kota Torino, Italia ini menampung 5.000 mahasiswa yang belajar hukum dan ilmu politik. Desain bangunan merupakan interpretasi modern dari segi empat tertutup tradisonal.

4. PERPUSTAKAAN FAKULTAS SEJARAH, CAMBRIDGE UNIVERSITY

Perpustakaan di Fakultas Sejarah Universitas Cambridge ini menampung 100.000 buku. Masing-masing fakultas di universitas tersebut memiliki perpustakaan tersendiri. Perpustakaan yang satu ini dirancang oleh arsitek terkenal asal Inggris, Sir James Frazier Stirling, dan dibuka pada 1967.

5. THE SHARP CENTRE FOR DESIGN, ONTARIO COLLEGE OF ART AND DESIGN, KANADA

Bangunan itu terangkat 30 kaki dari tanah dan disangga oleh beberapa penyangga berwarna-warni. Bangunan mengambang dengan bentuk persegi panjang. Bangunan itu difungsikan untuk studio dan ruang pengajaran yang terhubung dengan fasilitas di bawahnya melalui lift dan tangga.

6. GEDUNG PUSAT KELULUSAN, LONDON METROPOLITAN UNIVERSITY

Gedung tersebut mencakup auditorium, tiga ruang seminar, fasilitas IT, dan ruang sosial bagi para mahasiswa. Gedung itu dibuka pada 2004.

7. BANGUNAN UTAMA LOMONOSOV MOSCOW STATE UNIVERSITY, RUSIA

Bangunan itu menjadi gedung universitas tertinggi di dunia dengan ketinggian 787 kaki, memiliki auditorium dengan 1.500 kursi, ruang seminar, perpustakaan, dan museum.

8. MODE GAKUEN COCOON TOWER, TOKYO

Bangunan tersebut selesai pada 2008 dan digunakan untuk tiga universitas yang berbeda yakni Tokyo Mode Gakuen, HAL Tokyo, dan Shuto Iko. Gedung tersebut memiliki ketinggian 669 kaki dan sebagian besar ruang menawarkan pemandangan kota di sekitarnya.

9. THE PHILOLOGISCHE BIBLIOTHEK, FREIE UNIVERSITAT, BERLIN

Bentuk bangunan seperti bola kaca besar dimaksudkan menyerupai bentuk otak. Bangunan ini difungsikan sebagai perpustakaan terbaru yang dibuka pada 2005. Perpustakaan terbaru itu menggabungkan perpustakaan yang sebelumnya terpisah dari berbagai mata kuliah humaniora.

10. THE RUN RUN SHAW CREATIVE MEDIA CENTRE, CITY UNIVERSITY, HONG KONG

Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek yang berbasis di New York, Daniel Libeskind. Bangunan itu difungsikan sebagai laboratorium, bioskop, dan ruang kuliah untuk fakultas teknik komputer dan teknologi media.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1917 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1889 kali

sahabat total episode 1