Korea Utara Luncurkan Rudal Bikin Bursa Asia Tertekan

itoday - Bursa Asia tertekan pada perdagangan Rabu pagi waktu setempat, karena kekhawatiran geopolitik sehari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak jauh. 

Melansir CNBC, Rabu (5/7/2017), indeks saham acuan Jepang, Nikkei 225 turun tipis 0,11%, indeks saham di Australia, ASX 200 turun 0,19%. Sementara itu, indeks saham di Korea Selatan, Kospi turun 0,07% setelah aksi jual ringan di akhir sesi perdagangan sebelumnya.

Korea Utara mengklaim pada hari Rabu bahwa rudal yang diluncurkan pada hari Selasa adalah sebuah rudal balistik antar benua yang mampu membawa hulu ledak nuklir yang berat. Rudal yang diluncurkan pada hari Selasa telah mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang (EEZ). 

Atas aksi ini, Korea Selatan dan AS telah menanggapi peluncuran rudal Korea Utara dengan melakukan latihan rudal balistik ofensif. 

Saham-saham sektor pertahanan di Korea Selatan beragam karena pasar terus mengawasi perkembangan geopolitik di semenanjung Korea. Tercatat, saham Korea Aerospace diperdagangkan turun 0,51%, namun kontraktor pertahanan Hanwha Techwin sahamnya naik 1,49%. 

Di Australia, saham perusahaan penerbangan ritel Flight Center melonjak 9,33% setelah perusahaan tersebut melaporkan panduan untuk tahun depan. Perusahaan mengatakan laba sebelum pajak diperkirakan mencapai antara USD325 juta hingga USD330 juta.

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 897 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 883 kali

sahabat total episode 1