Rupiah Diprediksi Masih Terombang-ambing Kondisi Global

itoday - Meski dari dalam negeri tidak adanya sentimen yang terlalu negatif, namun, tampaknya pergerakan rupiah rentan dan mudah terombang-ambing dengan kondisi global. Apalagi saat ini perhatian pelaku pasar kembali tertuju pada perbaikan yang terjadi pada ekonomi AS yang secara tidak langsung juga berimbas pada pergerakan USD.

"Tentunya penguatan USD akan lebih menarik perhatian pelaku pasar sehingga dapat memberikan tekanan pada rupiah. Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat pergerakan rupiah kembali variatif melemah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu(4/10/2017).

Reza memperkirakan, rupiah pada hari ini akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.594/USD dan resisten Rp13.528/USD.

Sementara, adanya ekspektasi dan sikap positif pelaku pasar terhadap rilis kinerja keuangan emiten di periode kuartal III 2017 yang dibarengi dengan ekspektasi akan rilis kenaikan indeks aktivitas manufaktur AS, memberikan sentimen positif pada pasar keuangan AS yang secara tidak langsung berimbas positif pada pergerakan USD.

"Pelaku pasar pun kembali masuk ke dalam USD, sehingga pergerakan indeks USD mengalami lonjakan. Di sisi lain, masih adanya kekhawatiran referendum yang terjadi di Spanyol membuat pergerakan EUR masih tertekan sehingga terlihat seperti memberi jalan pada terapresiasinya USD," pungkasnya.

 

Sumber: Sindonews

Tags #Rupiah

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 10 Januari 2018 - 11:13 WIB

Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut

Senin, , 18 Desember 2017 - 10:55 WIB

Rupiah Awal Pekan Dibuka Turun Saat USD Naik

Telah dilihat : 2264 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2234 kali

sahabat total episode 1