Mengintip Keseruan Komunitas Beatbox Indonesia

 

itoday - Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Meski demikian pada prakteknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.

Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada tahun 1980-an. Kata "beat box" secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh sebab itu para beatboxer pada era tersebut sering dijuluki sebagai "Human Beat Box". Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren "Buffy" Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo "Wise" Roman dari Stetsasonic. Pada dekade 1990-an, musisi Beatbox banyak bermuculan dan juga berkonstibusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia. Beatboxer yang cukup tersohor antara lain Vaughan Chadderton, Rahzel, Kenny Muhammad, serta Matisyahu. 

Maka pada tanggal 30 Oktober 2008 berdirilah Jakarta Beatboxing Community di Goethe Hauss, Jakarta. Namun untuk melebarkan sayap dan menyebarkan virus beatboxing ke seluruh nusantara maka komunitas tersebut berganti nama menjadi The Indonesian Beatboxing Community. Komunitas Indobeatbox saat ini mempunyai member sebanyak 7000 member yang ada di facebook tapi itu tidak semua nya bisa beatbox ada yang hanya sebagai penikmat dan ingin tahu tentang beatbox. Dari 7000 member yang ada di facebook  member nya tersebar di beberapa kota seperti Bogor, Bandung, Solo, Palembang dan Pontinak. Begitu pungkas Angga salah satu dari anggota indobeat box. Di Jakarta sendiri member yang aktif hanya 50 orang, dan meraka jadikan taman Menteng sebagai tempat berkumpul para human beatbox, di tempat ini lah mereka saling berbagi informasi seperti cross posting informasi tentang live performance hingga ke artikel seputar kegiatan beatboxing di Indonesia.

Meskipun nama Indo Beatbox sendiri terkesan seperti minoritas di tanah air, kiprah mereka patut kita acungkan 2 jempol karena mereka telah banggakan Indonesia dengan tampil di Esplanade Singapore bulan Agustus yang lalu. So, gak ada alasan buat minoritas untuk menjadi major di masa mendatang. Let’s Support Indo Beatbox to spread the beatboxing virus in our country!.

 

Red

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 08 Desember 2018 - 06:50 WIB

Mengintip Keseruan Komunitas Beatbox Indonesia