Komunitas Edan Sepur Indonesia

itoday - Gaung Komunitas Edan Sepur Indonesia yang sudah akrab di telinga masyarakat luas dan pecinta kereta api, Edan Sepur begitulah sebutannya di Indonesia atau Railfans yang bisa juga diartikan sebagai komunitas, penggila atau penggemar dari kereta api. Awalnya komunitas edan sepur ini didirikan oleh sekumpulan anak-anak yang mencintai kereta api dan melakukan sebuah aksi nyata di stasiun Jatinegara. 

Didirikan pada 5 Juli 2009 di Dipo Jatinegara dan bermarkas di Cirebon, Komunitas Edan Sepur Indonesia merupakan peleburan beberapa Organisasi pecinta kereta api di Daop I Jakarta, Daop II Bandung dan Daop III Cirebon.

 Kini Komunitas Edan Sepur Indonesia menjadi wadah pemersatu semua organisasi Pecinta Kereta Api di Indonesia. Hingga saat ini jumlah anggotanya di Indonesia berjumlah 3400 orang dari berbagai kalangan yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan yang tidak ada rel nya sekalipun seperti Sulawesi dan NTB bergabung dalam komunitas ini. 

Paling banyak jumlah anggotanya di DAOP I dan DAOP II, selain melakukan ajang silaturahmi di berbagai tempat, para pecinta kereta ini melakukan aksi railfunning seperti mencuci Lokomotif dan untuk hobi melakukan Fotografi dan ada juga yang gemar mengkoleksi miniature dan pernak pernik kereta api, di Bekasi Komp.Pertokoan Legenda menjadi markas besar Sepur Edan Indonesia, Ujar Egief kepada Tim Komik.

Logo yang digunakan komunitas Edan Sepur Indonesia adalah gambar Lokomotif 204 diambil sebagai lokomotif termutakhir dan paling maju, serta latar belakang merah putih yang menegaskan bahwa Edan Sepur berada dan berdiri di Indonesia, sepasang Rel menandakan pendapat yang berbeda tetapi seiring sejalan siapapun bisa bebas berpendapat asal tujuannya sama, sedangkan tulisan RailFans menandakan bahwa kita adalah penggemar dan mencintai kereta api di Indonesia.        

Dalam hal berorganisasi komunitas Edan Sepur lebih banyak mengadakan pertemuan dan melakukan aksinya pada hari libur seperti hari sabtu atau hari minggu biasanya dilakukan di Stasiun.

 

Red

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 10 Desember 2018 - 00:06 WIB

Komunitas Edan Sepur Indonesia