Nikmati Sensasi Diketinggian Untuk Melepas Adrenalin Anda

itoday - Olahraga paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang. Parasut atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.

Papatong merupakan salah satu klub paralang yang ada di daerah puncak bogor dengan basecamp yang terdapat di jalan Talang Raya no. 28 Bogor. Pada awalnya ada sekelompok paralaglider yang membuat suatu expedisi paralayang pada April 1994. Dan kelompok ini menamakan dirinya PAPATONG. Nama PAPATONG diambil dari bahasa daerah SUNDA yang artinya CAPUNG. 

Klub Papatong resmi berdiri pada tahun 1994 di Bogor, selain menyelenggarakan sekolah paralayang juga sebagai wadah perkumpulan pilot paralayang, tandem, dan tour paralayang ke tempat wisata paralayang yang ada di Indonesia. Kegiatan paralayang biasanya dilakukan setiap akhir pekan, Tempat yang biasa digunakan adalah daerah Puncak-Gunung Mas dimana para pilot dari Jakarta, Bogor, Bandung, Banten, dan sekitarnya berparalayang ria.

Sebagai klub paralayang yang tergolong memiliki jumlah anggota terbanyak, klub Papatong telah berhasil menyelenggarakan Kejuaraan Papatong Cup I yang diadakan di Puncak-Gunung Mas, diikuti 120 peserta (termasuk peserta asal Malaysia) pada tahun 2004. Oleh karena itu, untuk mempertahankan eksistensi, kegiatan kejuaraan ini telah menjadi agenda tetap kejuaraan nasional PLGI (Pordirga Layang Gantung Indonesia) yang diadakan setiap 2 tahun sekali.

Jika sekarang kamu tertarik ingin mencobanya kamu dapat langsung datang ke daerah Puncak-Gunung Mas Bogor, Siapa saja boleh ikut terbang, laki-laki atau perempuan, tua atau muda, asal sehat jasmani dan rohani, tidak mengidap penyakit jantung, dan epilepsi. 

Umur peminat yang disarankan adalah antara 14 s/d 60 tahun. Peminat yang berumur kurang dari 18 tahun harus mendapat restu dan ijin dari orangtua/wali. Namun sebelum kamu ingin gabung dengan klub paralayang ini, kamu harus mempunyai lisensi terbang tahap 1 dan untuk mendapatkan lisensi itu kamu harus terbang sebanyak 40 x. Serta Biaya yang di keluarkan cukup terjangkau dengan 6,5 juta Rupiah dan biaya iuran per-tahun 250.000 Rupiah kamu sudah dapat terbang bebas di angkasa dan menikamati indahnya hamparan alam yang ada dibawah kamu dari udara.

Ada pun Perlengkapan utama dalam olahraga paralayang ini antara lain parasut utama dan cadangan, harness, dan helmet. Perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Sedang perlengkapan pakaian penerbang antara lain baju terbang, sarung tangan, dan sepatu boot. Dan Jenis parasut yang dipergunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan penerbang dan berat penerbang. Terdapat  juga tiga jenis parasut paralayang yaitu, parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang mahir. Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbangnya. Ukuran yang tersedia antara lain XS, S, M, L serta LL untuk terbang berdua/tandem.

 

Red

Komentar

Artikel Terkait