APDI: Asosiasi Pilot Drone Indonesia

Drone merupakan nama lain dari UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang singkatnya bisa dikatakan sebaga benda terbang yang dikendalikan dari jarak jauh atau menggunakan remote control.

Drone awalnya banyak digunakan di dunia militer. Demi menghindari korban jiwa yang besar, maka operasi pengintaian dan operasi berbahaya, lain bisa menggunakan bantuan perangkat Drone.Di sebuah kesempatan, bahkan presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengutarakan keinginannya untuk menggunakan drone guna memantau wilayah perairan Indonesia yang luas.

Drone kini bukan lagi benda asing dan sulit ditemui di Indonesia. Ini menjadi fenomena tersendiri di dunia audio visual. Bagi orang yang mempunyai hobi fotografer,  pesawat yang bisa mengambil gambar dari ketinggian memang memberikan kepuasan tersendiri.. Namun, untuk bisa mengikuti tren ini, anda harus merogoh kocek lumayan dalam.

Kini kami berkesempatan mencarilebih banyak mengenai hobi ini dan komunitasnya langsung kepada Fajar Yusuf, yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Harian dan juga salah satu endiri sebuah komunitas pecinta Drone yang disebut APDI. Kependekan dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia.

(P): Apa yang melatar belakangi terbentuknya APDI, dan kapan berdirinya?

Fajar Yusuf (FY):APDI adalah organisasi bagi Pilot Drone amatir, semi pro dan profesional yang mewujudkan dunia dirgantara drone yang AMAN, BERTANGGUNG JAWAB dan BERMARTABAT melalui kerjasama dengan Pemerintah, dunia usaha serta seluruh pemangku kepentingan untuk kemajuan Indonesia.

Hal ini menginspirasi saya, yang akhirnya membuat komunitas Drone Indonesia. Komunitas ini, dibentuk sebagai tempat berkumpulnya para penikmat drone. Selain berkumpul dan menerbangkan drone bersama, komunitas juga menjadi tempat berbagi pengalaman atau hasil karya.

12 Februari 2015 Kita Komunitas Drone Indonesia Resmi Berbadan Hukum, Berakta notaris. Awi Wicaksono selaku Ketua umum, Fajar Sebagai Ketua Harian, Fahmi Pahlevi sebagai Sekjen bersama pengurus inti menjadi wakil seluruh anggota komunitas drone di seluruh Indonesia untuk meresmikan Asosiasi ini di depan Notaris.

Asosiasi Pilot Drone Indonesia mendukung terbitnya aturan Kemenhub yang mengatur pengoperasian drone. Lagipula di sejumlah negara maju, pengoperasian drone memang sudah selayaknya tidak boleh sembarangan. Apa yang diatur oleh regulasi tersebut pada prinsipnya bukan sesuatu yang baru. Bahkan, para pemangku kepentingan semestinya menyadari bahwa sebagai negara hukum, Indonesia pasti memiliki regulasi mengenai drone.

 

P: Sarana Apa Yang digunakan APDI untuk mengumpulkan anggota, siapa aja yang boleh gabung dan berapa jumlah member APDI sekarang

FY: Kami menggunakan mailing list, dan media social Facebook tentunya untuk mengumpulkan anggota anggota baru yang ada di Indonesia.Sampai saat ini, member yang sudah masuk komunitas sudah sekitar 600 orang.

APDI kebetulan merupakan Asosiasi Drone pertama yang berbadan hukum di Indonesia. kami beserta semua member kami akan berusaha untuk menjaga etika didasari hukum yang berlaku di Indonesia. APDI merupakan organisasi yang terbuka dan siap untuk menerima masukan dari para pemangku kepentingan. APDI selalu membuka diri untuk para pilot drone yang hendak bergabung sebagai anggota.

Dan ternyata member APDI ada beberapa kategori, yaitu member biasa, member penuhdan member kehormatan.

P: Apa perbedandari 3 jenis membership tersebut?

FY: Member biasa adalah member pemula, baik yang sudah lama memiliki Drone maupun baru memiliki perangkat tersebut. Biasanya member tersebut mengikuti mailing list, diskusi di grup dan media sosial, terbang bareng bahkan mendapatkan update soal drone ataudari APDI-nyasendiri.

Kemudian ada Member penuh, merupakan member biasa yang sudah melakukan registrasi dan membayar iuran sebesarRp 350 ribu per tahun. Setelahnya, baru ia mendapatkan kartu anggota, pertemuan organisasi, mengikuti pelatihan dan sertifikasi, serta mendapatkan wing terbang.

Sementara itu Member kehormatan adalah seseorang yang memberikan dukungan penuh kepada dunia drone. Member kehormatan biasanya bisa memberikan saran, masukan, dan bimbingan kepada APDI.

Setiap member kami akan bekali dengan pengetahuan dasar hingga pengetahuan profesional untuk menerbangkan drone sesuai dengan level nya. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui skill masing - masing anggota dan mengetahui perkembangan minat drone di masyarakat.

P: ApaVisi&Misi APDI?

FY: Misi Kami adalah dapat menaungi/ menjadikan wadah bagi semua komunitas drone di indonesia untuk dapat berkumpul bersama kami untuk memajukan bangsa dalam hal positif, yaitu dengan mengikuti kegiatan sosial untuk membantu negara dan mampu berkontribusi dalam perkembangan dan kemajuan negara dalam di bidang aerial. Dari komunitas ini para anggota yang sudah bergabung harus mengikuti ujian sertifikasi kompetensi pilot APDI, Ujian sertifikasi ini ada ujian teori dan praktik. Tidak hanya berbagi keahlian dalam seni mengambil foto dan video lewat drone, namun anggotanya juga belajar etika terbang dengan aman, bertanggung jawab dan bermartabat.

Kami punya visi dapat menjad wadah bagi pilot amatir, semi professional dan professional yang mewujudkan dunia dirgantara yang aman, bertanggung jawab dan bermartabat. Baik melalui kerjasama dengan pemerintah, dunia usaha serta seluruh pemangku kepentingan untuk kemanjuan bangsa dan Negara.

APDI bukan sekadar tempat berkumpul saja. Asosiasi ini juga memiliki perhatian lebih terhadap penggunaan drone yang baik bagi para anggotanya. Bahkan, seperti layaknya sebuah organisasi profesi, para anggota APDI harus tunduk terhadap kode etik yang dikembangkan asosiasi ini

P: Apa itu Sertifikasi Pilot APDI? Apa kahada Manfaat dan Keuntungan langsung yang diperoleh oleh sipemilik?

FY: Kegiatan sertifikasi yang dilakukan oleh APDI merupakan salah satu dari manifestasi maksud dan tujuan APDI agar para pilot drone memahami bahwa kebebasan yang mereka miliki ntuk menerbangkan drone sangat erkaitan dengan kepentingan publik secara umum..Menyadari bahwa Pemerintah memiliki hak untuk mengatur dan membentuk aturan hukum, APDI berharap agar hak-hak menerbangkan drone untuk tujuan sipil tetap dapat dijamin oleh Pemerintah tanpa menerapkan berbagai batasan yang tidak perlu (over regulating).

P: Program Unggulan yang sudahdiselenggarakan APDI

FY: APDI memiliki sejumlah program unggulan yang bergengsi, di antaranya ada AVDC, yaitu kerjasama dengan Bappenas untuk mempromosikan Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat, Lacak Artefak – MARI, Pelatihan Pilot Drone Pemula SCTV 2015, Kampanye Safe Flying Drone National Expo 2015, Kampanye I’m a Certified Drone Pilot,serta mengadakan program kerjasama dengan Badan SAR Nasional untuk pelatihan dan edukasi pemanfaatan drone.

P: Apakah ada pesan-pesan khusus untuk yang berniat terjun dalam hobi ini, atau bagi mereka yang termasuk pemain Drone pemula?

FY: Untuk Anda yang mungkin tertarik, Drone bisa dengan mudah diperoleh dengan model dan harga yang bervariasi. Sementara bagi yang sudah memiliki Drone, namun belum punya kecakapan untuk menerbangkannya, ada sebuah komunitas drone yang bisa menjadi wadah untuk mengasah  keterampilan dan mengetahui aturan main dalam menerbangkannya. Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) demikian nama komunitas itu disebut yang menjadi tempat bernaung bagi para pencinta pesawat tanpa awak itu.

P: Apa Harapan Kedepan Organisasi Ini?

FY: Kedepannya, APDI senantiasa bisa bekerjasama dengan pihak pemerintah,menggiring anggotanya untuk melaksanakan tujuan pendirian asosiasi, yakni pembinaan keterampilan secara kontinu dan sertifikasinya, melakukan kontribusi CSR untuk pariwisata dan penanganan bencana dan kelak sebagai asosiasi yang dirujuk oleh pemerintah untuk meregulasi pilot dan penggunaan wahana terbang tanpa awa ini.

Untuk menjadi anggota, masyaraka dapat mendaftarkan diri di website Asosiasi Pilot Drone Indonesia, yakni www.terbangterus.com danmilis droners-indonesia@yahoogroups.com. Di sana para anggota akan dapat bertukar pikiran mengenai ketrampilan menerbang kan wahana, pengetahuan sinematografi dan pengetahuan ringan mengenai perawatan dan reparasi wahana. Latihan terbang bersama dilakukan rutin untuk melakukan praktek bersama di beberapa lokasi yang sudah disepakati.

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1944 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1915 kali

sahabat total episode 1