Komunitas GOWEL BOGOR


Berawal dari hobi yang sama, sejumlah pengendara sepeda di Bogor ini kemudian berkumpul dan membentuk sebuah komunitas yang terorganisir. Mereka menyebut komunitas ini sebagai GOWEL BOGOR. Dalam bahasa sunda, GOWEL berarti mengayuh. Hmmm menarik!

 

GOWEL BOGOR the Beginning

 Awalnya saya memang suka sepeda, lebih cenderung ke sepeda gunung,” jelas Dhani. “Sejak tahun 2005 saya mulai bergabung dengan komunitas Bike to Work yang ada di Jakarta. Kemudian di akhir tahun 2005, saya dan beberapa teman, antara lain Dede, Odri, Inu, Siska dan Yayat sepakat untuk membentuk komuitas sepeda dengan nama GOWEL”.

 

Komunitas ini diakui Bro Dhani merupakan embrio dari salah satu cabang Bike to Work Indonesia atau komunitas pekerja bersepeda yang berpusat di Jakarta. Namun Bro Dhani juga berharap komunitas ini lebih dari sekedar ajang berkumpul.

 

“Komunitas ini tidak sekedar hanya dibuat untuk menyalurkan hobi saja,” ungkap Dhani. “Lebih dari itu, ini merupakan gerakan supaya pemerintah memperhatikan kebutuhan para pesepeda. Kami ingin agar pemerintah menyediakan fasilitas bagi para pesepeda di Bogor, salah satunya dengan membuatkan lintasan khusus sepeda yang di kota Bogor.”

Gratis untuk Semua Anggota

Meski secara pribadi lebih menyukai sepeda gunung, Komunitas yang dipimpin Bro Dhani ini tidak menghalangi siapapun yang ingin bergabung. Asal punya sepeda.

 

“Siapa saja boleh bergabung di GOWEL Bogor,” seru Bro Dhani. “Semua jenis sepeda ada di sini. Sebagian besar para pengendara sepeda ke kantor, pengendara sepeda ke warung, pengendara sepeda ke sekolah, pengendara sepeda untuk mencari nafkah bahkan pengendara sepeda yang hanya sekedar hobby di akhir pekan.”

 

“Anggota kami sudah berkembang dari awal dibentuk,” ujar Dhani. “Mulai dari 10 orang, hingga sekarang mencapai 500 orang yang masih aktif, yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda yang ada di Bogor seperti sepeda gunung, sepeda balap dan sepeda lainnya. Dan inti nya komunitas ini tidak ada iuran atau menjadi anggota tetap.”

Penuh Aktivitas Menyenangkan

Sebagai sebuah komunitas, kegiatan yang menyenangkan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan, menjadi sarana untuk mendekatkan sesama anggota dan juga berbagi infromasi serta ilmu. Demikian juga dengan GOWEL Bogor.

 

Setiap tahun, semenjak tahun 2006 hingga tahun 2009, kita punya kegiatan Gelar Hari Pekerja Bersepeda Nasional (bike to work day),” kenang Dhani. Lalu ada gathering silaturahmi akbar satu tahun sekali sesama semua pesepeda di Bogor, bazaar, fun bike atau bersepeda Akhir Pekan.“

 

Selain itu, kita juga selalu mengadakan touring wisata luar daerah yang tergabung dengan beberapa komunitas yang ada di jabodetabek, seperti Baduy, Bandung, Lombok, Bali  yang peserta nya yang ikut mencapai 200 – 300 orang yang ikut touring ini”, tambah Dhani.

 

Bersepeda adalah Kepuasan

Bagi Bro Dhani, ada kepuasan tersendiri ketika mengayuh pedal sepeda. Meskipun diakuinya tidak mudah membiasakan bersepeda.

 

“Bersepeda itu sama saja dengan berpetualang,” jelasnya. “Melewati rute yang baru, dan beremu orang yang baru. Itu merupakan kepuasan tersendiri. Awalnya memang susah mebiasakan diri bersepeda, tapi kalau terus dilakukan, lama-lama tubuh kita menjadi terbiasa.

 

Siapapun Boleh Bergabung 

Jika ditanya apakah ada syarat khusu untuk tergabung dengan komunitas ini, Bro Dhani menjawab dengan tegas bahwa tidak ada syarat khusus. Jadi bagi pembaca PULSA yang berdomisili di Bogor boleh simak ucapan Bro Dhani berikukt.

 

“Tidak ada syarat khusus untuk bergabung dengan komunitas ini,” tegas Dhani. “Siapapun yang tertarik untuk menggunakan dan mencintai sepeda bisa tergabung di Gowel Bogor. Tidak ada batasan jenis sepeda dan usia untuk bergabung di sini. Semuanya diterima dengan tangan terbuka sesuai dengan sifat komunitas yang sangat terbuka bagi semua orang.”

 

Saat ini, anggota Gowel Bogor telah mencapai 500 orang dari berbagai macam kalangan. Mulai anak-anak, tua-muda, pria dan wanita nyaman bergabung,” tambahnya.

 

Harapan  untuk Masa Depan yang Hijau

“(Komunitas GOWEL) ingin membuat kota Bogor ini jadi lebih ramah dengan lingkungan. Dan memberikan tempat berkumpul bagi penghobi sepeda yang ada di kota Bogor ini.

Sampai saat ini, sayaterus membudayakan bersepeda ke kantor,”ungkapnya.

 

Bagi kami, selain menyehatkan badan sendiri, bersepeda juga akan menyehatkan orang lain. Karena polusi akibat emisi kendaraan bisa berkurang, meski hanya sedikit. Karena itulah, anggota Gowel Bogor selalu bertambah. Kini, karena kegigihan mereka, banyak orang yang berbalik memuji. Mereka dianggap sebagai 'duta penyelamatan bumi'. Bahkan, tak jarang orang yang awalnya mencemooh justru bergabung dengan Gowel Bogor, ucapnya mengakhiri sesi ngobrol kami di rumahnya yang nyaman dan asri. *

 

 

 

 

.





 

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 21 September 2017 - 00:28 WIB

Yamaha Anti Sepeda Motor Sport Murah

Telah dilihat : 1315 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1266 kali

sahabat total episode 1