Indonesia Xperia Photography (IXP) Asah Kemampuan Mobile Photography dengan Challenge Bertema

Beberapa hari yang lalu, disalah satu mall di Jakarta Selatan redaksi berkesempatan bertemu dan nongkrong bersama sambil menyatap makan malam dengan salah satu ketua IXP Jakarta yaitu Jimmy dan Dhedhy.Setelah kita ngobrol ngelantur kemana mana sambil di iringi dengan galak tawa, akhirnya perlahan lahan saya menuturkan bebrapa pertanyaan tentang komunitas ini. Kurang rasanya jika tak mengenal sosok dibalik layar, yang menyokong tiang bendera IXP agar selalu berdiri tegak. Siapa mereka? Siapa lagi jika bukan para admin Indonesian Xperia Photography, mereka telah banyak meluangkan waktu untuk sharing dan menjaga grup agar tetap kondisional.

IXP lahir pada bulan September tepatnya tanggal 25 September 2012 malalui salah satu sosial media yaitu Facebook. Awal didirikannya oleh Dimas F yang akhirnya digantikan oleh Mushonnif hingga kini, dikarenakan sudah tidak aktif dalam komunitas IXP ini.

Pembentukan grup ini sebagaimana adanya grup-grup fotografi ponsel lain sehingga IXP dapat di jadikan wadah untuk pecinta Fotografi ponsel khususnya menggunakan ponsel Sony Ericsson/Sony Xperia. Dibentuk secara pribadi namun belum mempunyai kepengurusan yang jelas pada awalnya”, ujar Mushoniff, Faouder IXP

 “Pengurus di awal pada mulanya Saya dan beberapa orang. Untuk awal sekali memang belum ada kepengurusan yang jelas karena masih menunggu member2 baru untuk join dan mencari pengurus yang tepat. Tapi di antaranya yang sudah dikenal oleh banyak member yaitu Saya (Mushonnif, Surabaya), Dafit (Jakarta), Ochie (Makassar), Daniel (Palembang), Moh Tri (Cimahi). Untuk gathering pertama kali IXP bertempat di Surabaya (Taman Bungkul) bernama 6 - 7 orang member dari Surabaya. Kemudian setelah itu diikuti Gathering dari Regional lain.” tambah nya.


Pada awal pembentukan hanya ada beberapa ratus member yang join dan share
hasil jempretan di grup Facebook IXP. Peran sosial media tidak bisa di pungkiri menambah akselerasi pertumbuhan anggota secara signifikan, terutama jejaring sosial Facebook.Setelah setahun berjalan semakin bertambah jumlah member dan begitu pula ilmu-ilmu yang sudah dibagikan. Pada pertengahan tahun jumlah member terus bertambah mencapai 3000 lebih, sehingga perlu dilakukan penambahn admin yang awalnya dua orang menjadi empat orang. IXP juga telah membuat banyak perubahan dari sejak awal terbentuk, diantaranya pembuatan Fan Page, Instagram, Twitter, dan juga Blog yang saat ini diterbitkan. Juga tak lupa pembentukan dari sekedar grup Facebook menjadi komunitas yang anggotanya tersebar seluruh Indonesia. Dalam setiap bulannya kami biasanya membuat gathering dan hunting untuk mengasah ilmu & teknik fotografi, berbagi pengalaman, maupun sekedar mengobrol untuk mengakrabkan diri sebagai pengguna Smartphone Xperia. Hingga kini ada 26 ribu lebih anggota di grup Facebook.

Seiring berjalannya waktu, member yang bergabung dengan grup Facebook IXP semakin bertambah, sehingga pada penghujung tahun 2012 telah mencapai seribu lebih. Selama itu juga telah dibuat beberapa peraturan dan konsep dasar dalam IXP, diantaranya pembuatan Tema khusus untuk satu bulan. Jadi dalam satu bulan member hanya boleh mengupload foto sesuai tema yang telah ditentukan.Beberapa Tema yang sudah dirilis oleh IXP (Indonesian Xperia Photography). Tema yang disajikan ada yang mudah ada juga yang susah, namun yang terpenting semua itu diabadikan dengan kamera Xperia berbagai tipe. Tidak peduli betapa susahnya mengikuti tantangan, namun inti dari IXP adalah mengajak member pengguna Xperia untuk belajar fotografi bersama.

Terbesit dipikiran saya untuk menayakan kenapa Xperia kenapa tidak brand yang lain ?

Mushoniff, Faouder IXP mengatakan, “Sony mengimplementasikan teknologi mutakhirnya di ponsel contohnya Sensor kamera Xmor R/S, Image Processing Bionz, Megapiksel yang besar, Pengaturan manual yang melimpah, dan yang terbaru Hybrid auto focus. Semua sangat menunjang dalam fotografi ponsel di IXP. Kelebihan lain dari Sony Xperia adalah aksesori penunjang fotografi yang menarik diantara lensa QX, Tripod, dll. Selain itu ponsel Sony Xperia yang tahan air juga memberikan pengalaman lebih saat jepret - jepret di area tertentu dan kondisi tertentu

Sony xperia memang sudah terkenal dengan fitur inovasi sisi fotografi nya. Kamera Xperia dilengkapi segudang fitur yang siap untuk digunakan dan di maksimalkan sesuai tingkat kebutuhan. Bahkan terus ditingkatkan untuk memberikan kepuasan pada user yang menggunakannya. Akan tetapi ada sebagian user yang menginginkan lebih dari itu, dengan melakukan beberapa modifikasi, penambahan, dan peningkatan terutama pada sisi kamera. Fitur yang seharunya tidak didapatkan pada ponsel seri tertentu akan bisa didapatkan sesuai kemampuan pengembang dan ponsel itu sendiri.

Setiap kamera smartphone dibuat dengan teknologi pencitraan yang legendaris dari Sony. Mulai dari G lens Sony yang memenangkan penghargaan hingga fokus otomatis cepat yang baru, smartphone Xperia dilengkapi dengan teknologi yang hanya bisa dihadirkan oleh pembuat kamera sejati. Dengan memiliki smartphone Xperia, kamu seperti memiliki kamera digital Sony.

Visi dan misi

Menjadi wadah bagi pengguna ponsel Sony Xperia untuk menuangkan hobi mereka pada bidang fotografi atau hanya sekedar berbagi hasil bidikan terbaiknya dan menjadikan Xperia sebagai ponsel yang diminati dalam mobilephotography dan berharap mobilephotography bisa diimplementasikan bukan hanya sekedar hasil apa adanya, tapi menggunakan teknik yang tepat dengan device yang mumpuni (Xperia). Dan hasil bidikan dari mobilephotography tidak di pandang sebelah mata karena saat ini perkembangan sensor untuk kamera ponsel sudah semakin baik. IXP sebagai wadah peminat fotografi ponsel selalu mendukung pihak Sony untuk terus memberikan persembahan device yang lebih maksimal kedepannya.

 

Tidak ada yang merasa lebih pintar karena di IXP setiap tema member bebas bertanya untuk setiap tema yang diberikan, seperti tema persahabatan, bokeh-DOF,  Love, Night Scene, Jump-Levitasi-Fly, Modelling, Framing, Human Interest, Macro Life, dan masih banyak tema tema lainnya”, kata Mushoniff, Founder IXP

“Untuk mengakomodasi para anggota, IXP menggunakn sejumlah media sosial. Seperti yang diungkap oleh  bahwa mereka juga menyedakan ruang di facebook. Sehingga kedepannya ixp mungkin bisa lebih besar komunitasnya, lebih solid, lebih dikenal, dan bisa tetap eksis di dunia fotografi ponsel. Kami juga menyeleksi foto-foto yang di upload di media Facebook , Maupun Instagram kami untuk sekedar memberikan apresiasi sebagai foto terbaik, tiap tema maupun tiap hari untuk di Instagram. Kami mengagendakan setiap seminggu sekali untuk membuat challenge dengan tema berbeda tiap minggunya, khususnya untuk di Grup Facebook Kami, tentunya ini akan menarik minat setiap pecinta fotografi ponsel untuk berbagi foto dan ilmu tiap tema yang berbeda.” ujar Davit, admin IXP Facebook

Salah satu member IXP Jakarta ,adalah Jimmy ketua IXP Jakarta periode 2015 – 2016 dan Dhedhy Hermawan, ketua IXP yang baru untuk periode 2016 – 2017. Jimmy, EX Ketua IXPJakarta 2015 – 2016 mengutarakan “Saya mengaharapkan komunitas IXP ini khusus nya di Jakarta bisa terbuka bagi semua beragam brand smartphone yang ada. Sehingga komunitas mobilephotography di Indonesia bisa bersatu.”Kita juga megharapkan bertambah nya member komunitas ini, sehingga pintu untuk bergabung sangat terbuka,” sambung Jimmy

“Kedepan nya komunitas Indonesia Xperia Photography ini bisa lebih maju seperti photography pada umumnya. Dan rencananya saya akan mencoba bergabung menjadi satu dengan komunitas mobilephotgraphy lain nya, sehingga mobilephotography di Indonesia akan menjadi lebih besar,” kata Dhedhy Hermawan, Ketua IXP Jakarta 2016 – 2017.

Apa anda hobi jemprat jempret? Jika ada yang berminat untuk gabung di komunitas Indonesia Xperia Photography, silahkan gabung di alamat di bawah ini.

– Grup & Fans Page Facebook : Indonesian Xperia Photography

– Twitter & Instagram : @xperiaindo

 

– Email  : xperiahomekita@gmail.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1728 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1685 kali

sahabat total episode 1