EAST RC : Hobi dan adrenaline yang tinggi

Setelah edisi lalu kita bahas komunitas Drone, PULSA kemudian dipertemukan dengan  komunitas serupa, namun kali ini lebih down to earth karena memang ini adalah komunitas Remote Control yang didominasi oleh kendaraan darat. Artinya, kegiatan mereka mirip-mirip yakni mengontrol sebuah perangkat dari jarak jauh, namun kali ini jauh lebih luas.

Halo sobat iToday dimanapun berada, kebetulan untuk edisi sekarang saya nemuin hobby dan komunitas  baru yang emang dari dulu saya pun pengen sekali buat terjun kedalamnya.Kali ini saya ada rencana untuk lebih mengali dan berbagi informasi tentang RC. Komunitas RC di Indonesia khususnya ibukota Jakarta emang sangat banyak, dan kali ini iToday berkesempatan berbicara langsung dengan BOWIE GINTING, dengan umur 22 tahun yakni pencetus salah satu team komunitas RC di Jakarta bagian timur yaitu EAST RC yang sudah terbentuk Agustus 2015 yang lalu. Sejak tahun 2003 Bowie Ginting yang tergolong muda ini sudah bergelut di hobby RC mulai dari tahun 2003.

Apa sih RC/Radio control itu?

RC /Radio Control Istilah remote control juga sering disingkat menjadi "remote" saja. Remote juga sering kali mengacu pada istilah "controller", "donker", "doofer", "zapper" "click-buzz", "box", "flipper", "zippity", "clicker", or "changer". Banyak orang yang keliru dengan menyebut Remote Control, yang benar istilah disini adalah Radio Control, artinya ada suatu controllers (pengendali) dan controled (yang dikendalikan) yang menggunakan gelombang Radio, dulunya controller & controlled menggunakan gelombang MHZ AM / FM sistem kristal ciri ciri menggunakan antena panjang dan menggunakan channel sinyal yang kebanyakan 25,30,40,45,70,90 Mhz sehingga bisa ada kemungkinan sinyal beradu antara RC Satu dengan RC lainnya karena masalah channel sinyal yang sama dan biasa ditemukan di rc qd/mainan/toys dan transmitter seri lama sebelum diinovasi menjadi gelombang spektrum digital 2,4 GHZ.

“Ciri ciri menggunakan antena pendek kadang tidak terlihat di remot/transmitter dan berhubungan dengan Receiver yang terkonek dengan ESC juga sudah digital jadi tidak ada yang beradu sinyal mobil antara satu dengan lainnya ( kecuali glitching kadang terjadi ) karena sudah di pasangkan ke receiver yg sudah di pairing dengan transmitter” ujar Bowie

Selain Bowie, siapa aja yang ikut andil dalam mendirikan EAST RC ini ?

“Jadi team dimana saya sekarang bernaung ini namanya EAST RC, sebenernya bukan saya sih owner utamanya, owner utamanya bernama Arya Seta dan saya salah satu pencetusnya juga. Nah sekarang posisi saya ini racer utama di team ini dan juga sebagai Public Relation.” Kata Bowie Ginting kelahiran 1994 ini. Jadi Arya adalah owner dari team balap motor, ditahun 2015 Arya putusin untuk berhenti di arena balap motor dan mulai bergelut di arena RC, kebetulan juga ternyata rumah kita deket, di daerah jakarta timur. Akhirnya kita putusin untuk medirikan EAST RC, dimana selain team balap, kita juga distributor dari brand mobilnya, yaitu SERPENT brand mobil RC dari belanda, distributor untuk indonesiadan kita juga punya sirkuit dan toko di Pondok Kelapa “ ujar Bowie.

Sarana Apa Yang digunakan EAST RC untuk mengumpulkan anggota, siapa aja yang boleh bergabung, sudah berapa banyak anggota team ini ?

Pastinya kami menggunakan media social Facebook tentunya untuk mengumpulkan anggota anggota baru yang ada di Jakarta khususnya. Sehingga anggota yang sudah masuk komunitas ini  baru sekitar 15 orang.

“Team kami sangat terbuka untuk siapa saja. Semua orang boleh bergabung, tentunya anggota wajib mempunyai RC itu sendiri. Para anggota juga bisa berkonsultasi terkait mesin, type mobil ataupun sparepart yang akan digunakan.” Kata Bowie

RC ini memiliki jenis dan type nya, yakni RC EP dan RC GP

Apa itu RC EP ?

RC EP ( Elektrik Proportional )RC Kelas ini menggunakan sistem perangkat elektronik yaitu Powernya berasal dari Batere Lithium polymer, power dari batere diatur oleh ESC dan output melalui motor brushless.

Bagaimana dengan RC GP ?

RC GP ( Gasoline Proportional ) :  Sistem proportionalnya tidak jauh berbeda dengan RC EP Elektrik. Power berasal dari fuel dengan bahan methanol. Kapasitas engine 0,12 cc, power diatur oleh kopling dngan transmisi 2 gigi

“Yang menarik dari RC ini adalah semua komponen yang dimiliki oleh balap mobil sebenarnya ada disini, baik dari segi adrenaline dalam kompetisi teori dalam mencari setup atau setting RC, dan pentingnya koordinasi antara driver dan mobil semuanya hampir tidak berbeda dengan kompetisi balap mobil sesungguhnya. Settingan kit itu sendiri mulai dari camber, toe, rideheigth, shock, cs,fdr, esc,ban, dll semuanya sangat berpengaruh dan disesuaikan dengan si drivernya“ ungkap Bowie Ginting

Event apa yang paling berkesan yang pernah di ikuti oleh EAST RC ?

Event besar selama ini yang saya ikuti adalah World Championship 2012 di Thailand (pos 54 dari 122 peserta), World Championship 2014  (Pos 36 dari 117 peserta) dan FEMCA Asia posisi 3 tahun 2014.

“Masih banyak lagi event yang sudah team ini ikuti, Jakarta, Bekasi, Bogor dan di Jawa sekalipun. Makin sering kita mengikuti pertandingan, makinbanyak pengalaman yang akan kita dapat. Tidak hanya itu, kita juga makin banyak teman unutk bisa berbagi pengalaman sekitar RC ini.” Kata Bowie

Tambah bowie, “ jadi bagi yang pemula sangat beresiko keluar biaya lebih banyak,yang maksudnya mau hanya iseng atau ikut terjun kedalamnya. Untuk pemula minimal akan mengeluarkan biaya bisa mencapai sekitar 4 – 5 juta rupiah. Nah, saya menyarankan bagi yang pemula agar bisa berkonsultasi terlebih dahulu agar RC yang akan dibeli tidak sia sia. Jelas biaya untuk menggeluti relatif. seperti bidang lain, semakin tinggi kita berekspektasi, tentu semakin tinggi kita harus berinvestasi.

Apa harapan kedepannya ?

Harapan pribadi, makin sering bisa participate di event internasional. Kalau general, saya pengen sekali melihat lebih banyak lagi pemain di Indonesia yang bisa kompetitif di event internasional.

 

Untuk ingin menjadi anggota di team kami, masyarakat dapat menhubungi kita di website eastrcracing.comatauFacebook East RC Racing. Di sana para anggota akan dapat bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan berkonsultasi. Dan juga bisa langsung ke homebase East RC kami diJl. Janur Raya CF1/3, Kompleks Billy Moon, Pondok Kelapa Jakarta Timur.(iwk)

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 21 September 2016 - 12:29 WIB

EAST RC : Hobi dan adrenaline yang tinggi

Telah dilihat : 1944 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1915 kali

sahabat total episode 1