Komunitas Galaw : Menggambar dan Berkumpul, yang Penting Selaw

Hobi menggambar merupakan suatu bentuk keasyikan tersendiri dalam meluapkan imajinasi seseorang, menyulap apa yang terfikirkan di dalam benak ke satu bentuk seni visual yang menarik dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Anggapan bahwa hobi menggambar hanya akan membentuk pribadi-pribadi yang soliter dan tidak peka terhadap lingkungan sekitar rasanya sudah tidak pas lagi. Terutama ketika kita bersinggungan dengan sebuah komunitas orang-orang kreatif doyan gambar yang akan kita bahas kali ini.

Kita berkesempatan mengobrol bebas bersama sekelompok manusia penggila seni yang berada di Jakarta, yakni GALAW atau GambarSelaw. Komunitas ini merupakan wadah siapa saja yang tertarik untuk duduk dan berkumpul bersama berbagi cerita, imajinasi dengan santai dan penuh canda tawa.

Tidak membedakan jenis gambar, komunitas ini terbuka untuk mereka yang doyan gambar, dalam media apapun, termasuk media elektronik sekalipun. Berikut hasil wawancara santai bersama Tiffany, salahsatu founder GALAW.

PULSA (P): Kenapa di beri nama dengan GALAW?

Tiffany (T): Galaw berasal dari dua kata, yaitu Gambar dan selaw. Sebuah plesetan dari kata slow yang artinya bisa pelan, santai, atau asik-asik ajalah gitu. Yang kalau boleh diartikan menjadi sebuah tempat dimana juru gambar bisa menggambar dengan santai.

Dan yang lebih mengasyikkannya lagi, komunitas GALAW ini tidak pernah ada rules harus menggambar apa. Bebas sebebas-bebasnya. Bentuk karakter masing-masing, keluarkan uneg-uneg ke dalam lembaran-lembaran kertas/sketch book dan mulailah menggambar.

P: Asal muasal berdirinya komunitas ini dan kapan berdirinya?

T: Komunitas Gambar Selaw ini terbentuk sekitar bulan September 2011. Pada waktu itu saya bersama Ricky Malau, Azer, dan Djarot sepakat untuk membuat aktivitas selepas pulang kerja di ruang rupa, Tebet. 

Diawali dengan nongkrong bareng bersama, kita berempat kangen gambar-gambar manual lag ibersama teman-teman.  Dan hasil dari nongkrong bersama beberapa orang di Ruang Rupa waktu itulah yang kemudian menjadi cikal bakal berkumpulnya teman-teman sesame penyuka gambar, santai-santai sambil ngobrol, makan, mendengarkan musik. Melepaskan diri dari kepenatan rutinitas ngantor.

P: Kegiatan apa saja yang sudah di laksanakan?

T: Kegiatan yang sudah dilaksakan sudah terbilang banyak. Mulai dari gambar bersama, pameran tunggal maupun kolaborasi dengan event, produksi merchandise, mengisi workshop gambar, mural, gambar sembari piknik, nobar la galaw (setelah nonton bareng lalu gambar), sesekali menjadi pembicara di event & juri lomba gambar.

Selain itu kita juga mengikuti pameran di D’spice kemang pada bulan September 2011. Kemudian Pameran Galaw in the dark, pameran postcard film Dance festival, menggambar bareng Pak Raden, pameran poster documentary of mocca di Yogja, dan masih banyak lagi event yang pernah kita ikuti.

Tidak butuh waktu lama,banyak respon serta apresiasi yang baik dari publik, pameran ini sukses menjadi trigger untuk kian mengembangkan komunitas. Proyek-proyek pun sering digarap, entah itu yang datang dari luar mau pun berdasarkan gagasan dari anggota Galaw sendiri.

P: Apa yang menarik dari komunitas ini?

T: Tidak ada tekanan, gambarsebebas bebasnya. Material yang digunakan pun bebas senyamannya saja (pencil, cat air, spidol, dll). Saling berbagi dan belajar satu sama lain.

Terlalu banyak pengalaman menarik yang sudah dilalui. Mungkin ada 1 kegiatan yang baru baru aja kita sering lakukan kalau lagi event yaitu bukalapak "Gambar Muka Rp Terserah". Dimana kita buka jasa menggambar muka (potrait) dan orang tersebut boleh mendonasikan berapapu rupiah, terserah berapa saja,seikhlas mereka. Tidak disangka-sangka banyak yang sampai antri untuk digambarin mukanya.

P: Bagaimana cara untuk bergabung dengan komunitas ini, ada syarat khususkah atau biayanya mungkin?

T: Siapa saja boleh bergabung. Saat ni kami sedang tidak mempunyai basecamp yang tetap untuk menggumpul, tetapi siapapun bisa langsung message kami via akun osmed kami/email. Asal kan dengan membawa peralatan gambarnya sendiri-sendiri.Syaratnya? Mmm…yang jelas suka menggambar dan tidak ada biaya sepersen pun untuk bergabung.

P: Visi dan Misi dari komunitas GALAW ini ?

T: Bagi kami, semua orang itu bisa dan suka menggambar. Tidak ada gambar yang jelek. Karena selalu ada cerita dan makna dibalik gambar itu. Semoga image fun dan santai yang kita selalu bawa kemana-mana membawa energy positif buat siapapun.

P: Pesan buat yang ingin bergabung ?

T: Jangan berekspektasi bahwa komunitas ini ialah tempat les menggambar atau terlalu serius banget. Karena kita pada dasarnya ingin menggambar sambil santai santai aja :)

Mari kita bersenang – senang sambil menggambar! Tidak perlu malu2 untuk datang. Kalau kata Pak Raden "Semua gambar itu bagus". Nah! Ayooooo :) (iwk)

 

Contact GALAW di +628161878382

www.gambarselaw.com

twitter @GAmbarseLAW

https://www.facebook.com/Gambarselaw

 

 

 

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1315 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1266 kali

sahabat total episode 1