Parkour bukan sekedar olahraga loncat-loncat

iToday - Halo sobat dimanapun berada, kebetulan untuk edisi sekarang saya nemuin hobby dan komunitas  baru yang emang dari dulu saya pun pengen sekali buat terjun kedalamnya.Kali ini saya ada rencana untuk lebih mengali dan berbagi informasi tentang PARKOUR. Komunitas PARKOUR di Indonesia khususnya ibukota Jakarta emang sangat banyak, dan kali ini redaksi berkesempatan berbicara langsung dengan pendiri Parkour di Jakarta, ACHMAD YUNAN.

Sebelumnya mungkin kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu parkour, olahraga seperti apakah parkour ini dan berasal dari manakah olah raga yang extreme ini ?

P : Apa sih parkour itu?dan bersal darimana olah raga ini?

J : Parkour adalah seni berpindah tempat dari titik A ke titik B secara efisien dengan teknik dasar yang didapat dari latihan fisik., menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Itu berarti untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan dari cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota. Parkour berasal dari perancis yaan diciptakan oleh David Belle.

Definisi parkour ini juga mengajarkan praktisinya untuk bisa menempatkan diri dimanapun dia berada.Selain itu praktisi dituntut untuk bisa nyaman di lingkungan yang tidak nyaman sekalipun.Hal ini membentuk mental praktisinya untuk lebih kuat dalam menghadapi rintangan dan cobaan hidup.Banyaknya nilai – nilai positif dari sepenggal definisi parkour tentang adaptasi tersebut yang sebenarnya kita butuhkan dalam keidupan sehari-hari.

P : Kapan berdirinya Parkour Jakarta ? Bagaimana dengan parkour indonesia ?

J : Parkour Jakarta berdiri tanggal 29 Agustus 2007. Sedangkan untuk Parkour Indonesia berdiri 17 juli 2007. Parkour Jakarta masih di bawah Parkour Indonesia, yang menaungi semua komunitas Parkour yang ada di daerah dan ibukota seluruh Indonesia, seperti Parkour Surabaya, Parkour Bekasi, Parkour Jombang, Parkour Kuningan, Parkour Bandung dan masih banyak lagi. Khusus nya di Jakarta saya tidak sendiri, tapi saya juga di bantu oleh teman say yang bernama adit salah satu founder dan Dewa sebagai guide parkour Jakarta.

P : Berapa jumlah anggota Parkour Jakarta dan Parkour Indonesia ?Apa pernah melakukan latihan bersama?

J : Jumlah anggota parkour Jakarta tiap minggunya sekitar 50 – 70 orang.Sedangkan untuk Parkour seluruh Indonesia pastinya mencapai 500 – 600 orang. Dikomunitas Parkour Indonesia, kita selalu melakukan latihan bersama setahun dua kali, yang tiap event nya itu akan selalu berganti daerah. Nah, itu kami sebut dengan Jamming Nasional Parkour Indonesia.Jamming Nasional sendiri merupakan salah satu wadah untuk silahturohmi para praktisi parkour, baik dalam bentuk latihan bersama, sharing metode, maupun komunikasi tatap muka antar sesama praktisi parkour Indonesia. Dalam kegiatan ini, masing-masing perwakilan dari beberapa kota di pulau jawa dan sumatera pastinya ikut serta dalam event tersebut

P : Kenapa Tertarik Dengan Olahraga ini, Apa Tidak Takut Dengan Resikonya ?

J : Pertama karna gratis, terus bisa latihan dimana saja dan berbeda dibandinkan dengan olahraga lain. sewaktu saya pertama kali ikut. Kalo cidera itu sudah pasti, apalagi untuk yang pemula. Saya juga mengalami cidera itu, terkilir bagian pergelangan kaki, tangan atau luka lecet akibat  jatuh sekalipun. Itu semua akan menjadi biasa ketika semua itu sudah terlatih. Parkour diajarin cara safety setiap gerakan jadi tidak takut sama resikonya, karna kalau cederapun semua olahraga pasti ada resiko cideranya

P : Apa Visi Dan Misi untuk Kedepan nya ?

J :  “ Visi masyrakat paham akan parkour sebenernya dan semua praktisi parkour bisa menjelaskan parkour dengan baik ke orang awam, dan semoga parkour lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kegiatan yang bermanfaat “ ujar Yunan salah satu pencetus Parkour Jakarta

“Menyebarluaskan parkour ke masyarakat serta mengedukasi kan parkour supaya masyarakat lebih sehat dan mempunyai pilihan berolahraga. Dan Parkour Indonesia bisa selalu solid “ tambah Dewa, Guide Parkour Jakarta.

P : Pesan untuk yang mau gabung di komunitas ini? Bagaimana caranya ?

J : Yang pertama kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu Parkour. Prinsip-prinsip yang anda pelajari di parkour bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang pasti akan melakukan latihan yang memakan waktu dan usaha untuk mendapatkan manfaat penuh dari parkour. Namun hasilnya benar-benar luar biasa. Kemudian Jika anda memilih untuk mencoba parkour, anda butuh belajar cara menjalaninya. Yang anda butuhkan untuk mulai latihan hanyalah keinginan atau tekad untuk memulai.Tidak butuh perlengkapan khusus, hanya tekad untuk maju.Cari tahu tentang teori-teori latihan (work-out) Orang yang paling mengerti untuk mengkritis kondisi anda adalah diri anda sendiri. Anda harus mengakses dan mengerti sensasi and perasaan dari badan anda yang orang lain tak bisa rasakan. Anda harus mengerti principle badan anda dan buat pilihan untuk diri sendiri.Anda mungkin kuat dan fit, tapi anda masih butuh mengerti diri anda [batasan dan kelemahan diri anda], karena tuntutan parkour itu lebih besar dari aktifitas lain, dan sering spesific dan terperinci di parkour.

P : Ada teknik khusus untuk mencoba latihan Parkour ini ?

J : Ada beberapa gerakan dasar dari parkour yang harus diperhatikan, yatu latihan keseimbangan, latihan kontrol dan daya tahan tubuh dan teknik melompat.

Teknik mendarat di permukaan tanah. Cara terbaik mendarat adalah dengan mencondongkan posisi badan agak ke depan. Saat akan menyentuh tanah, gunakan kedua kedua ujung kaki untuk mendarat. Atau dengan kata lain mendarat dengan jinjit. Saat kaki menyentuh tanah usahakan badan juga diturunkan kemudian di seimbangkan dengan bantuan tangan.

Teknik Balance adalah teknik keseimbangan. Teknik ini dilakukan di atas permukaan tipis seperti di rail dan berjalan perlahan di atas rail untuk menjaga kesimbangan sekaligus melatih fokus dan kontrol.Fungsi teknik Balance adalah untuk melatih keseimbangan, fokus dan kontrol melalui pikiran seseorang.Teknik sangat bermanfaat untuk membantu gerakan saat kita berlari untuk melakukan vault.

Jump atau melompatyaitu teknik melakukan lompatan statis dari satu objek ke objek lainnya untuk melatih power kontrol. Cara melakukan Precisison Jump adalah dengan bersiap melompat secara seksama dalam keadaan diam dengan full power. Saat akan mendarat di objek selanjutnya, kurangi power sehingga kontrol badan terpenuhi. Atau dengan kata lain saat mendarat di objek selanjutnya, para traceur bisa mendarat dengan seimbang.

Parkour mengajarkan banyak hal pada kita. Tapi, pelajaran yang paling penting dari olahraga ini adalah bahwa hidup itu harus diwarnai dengan keceriaan dan antusiasme, seperti yang kita rasakan saat berlatih parkour atau melakukan hal lain yang kita sukai. Tanpa kegembiraan dan rasa antusias, hidup kita akan terasa hambar  tanpa warna.

Kini sobat pahamkan, bahwa parkour yang sebenarnya tuh bukan sekadar olahraga loncat-loncat nekat yang gak jelas tujuannya. Setelah tahu pelajaran yang bisa diambil dari parkour, apa kamu jadi tertarik buat mencoba berlatih parkour bareng komunitas yang ada di kotamu? Sobat bisa kunjungi di situs http://www.parkourindonesia.web.id/ atau bagi sobat yang di jakarta bisa di media sosial facebook https://web.facebook.com/ParkourJakarta (iwk)

 

 

Tags #parkour

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 04 Oktober 2016 - 12:06 WIB

Parkour bukan sekedar olahraga loncat-loncat

Telah dilihat : 76 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 71 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 167 kali

Nokia hadir di MWC 2017