5 Khasiat Daun Manggis Untuk Kesehatan

itoday - Masyarakat Indonesia, sejak zaman dulu punya banyakn obat-obatan tradisional. Bahan-bahannya tentu saja bahan alami tanpa bahan pengawet. Biasanya, obat tradisional itu mengandung akar-akaran, biji, buah, dan daun-daunan. Salah satunya adalah daun manggis. 

Nggak banyak orang tahu kalau daun manggis itu kaya khasiat. Mereka cuma tahu kalau buahnya memang lezat, sering diola menjadi minuman segar. Buah manggis itu sendiri sangat kaya akan vitamin C. Ternyata, yang bermanfaat but tubuh bukan buahnya saja, tapi juga daunnya. 

Daun manggis, mengandung banyak zat menyehatkan, termasuk antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi. Karena itulah, kini sudah banyak produk-produk kesehatan yang nggakcuma mengambil ekstrak buah dan kulit manggis, tapi juga daunnya. 

Sementara, banyak orang-orang tua yang memilih untuk meminum air sari rebusan daun tersebut. Biasanya, mereka hanya merebusnya saja, dan meminum air rebusannya setiap hari. Nah, kamu yang sudah tahu cara mengolahnya, simak beberapa khasiat dari daun manggis berikut ini, yang dilansir dari berbagai sumber. 

Daun manggis bermanfaat mencegah bebagai macam kanker. Pasalnya, daun manggis memiliki senyawa yang sanggup menghancurkan sel-sel kanker tanpa harus membunuh sel yang masih sehat. Terutama sel kanker usus, hati, dan paru-paru. 

1. Diet

Seperti teh hijau, air rebusan daun manggis juga bisa menurunkan berat badan, lho! Soalnya, di dalam rebusan daun ini, ada sebuah zat yang mampu meluruhkan lemak dalam tubuh dan mampu mengurangi lemak jahat yang berpotensi menjadi kolesterol. 

2. Kurangi Rasa Sakit

Sepereti obat penahan rasa sakit, daun manggis juga memiliki khasiat yang sama. Mulai dari rasa nyeri, sakit pinggang, sakit perut, kepala, dan bahkan sakit akibat lunga menganga. Termasuk kalau kamu sedang sakit gigi. 

3. Sembuhkan Darah Tinggi

Pada sebagian kasus, tekanan darah tinggi bisa terjadi karena adanya penyumbatan di dalam pembuluh darah. Penyumbatan ini biasanya karena ada lemak yang menghalangi arus darah. Nah, dengan menggunakan air rebusan daun ini, lemak yang ada di pembuluh darah bisa melunak. Sehingga aliran darah akan kembali lancar. 

4. Diare

Zaman dahulu, orang-orang di desa belum memiliki oralit untuk menanggulangi diare. Demi menyelamatkan pasien yang dehidrasi akibat diare, mereka kemudian menggunakan daun ini untuk membuat sistem pencernaan pasien pulih kembali. 

5. Daya Tahan Tubuh

Jamu bukan satu-satunya obat alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, air rebusan atau ekstrak daun ini juga memiliki khasiat yang sama. Karena, seluruh kandungannya sanggup memperbaiki hampir seluruh organ dalam tubuh manusia. Mulai dari saraf, ginjal, hati, dan juga pencernaan, bahkan pernafaasan. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 3169 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3371 kali

sahabat total episode 2