Olahraga Sebabkan Keriput, Benarkah?

itoday - Olahraga memang dikenal baik dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kegiatan positif yang satu ini bahkan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain bermanfaat bagi kesehatan, rutin melakukan olahraga setiap hari juga akan memudahkan kamu dalam mencapai bentuk tubuh ideal. Maka dari itu, tak heran jika saat ini ada banyak masyarakat yang senang melakukannya. Namun, di balik manfaat yang disuguhkan, terlalu sering berolahraga dapat berakibat buruk bagi kecantikan kulit, bahkan kabarnya dapat memicu timbulnya keriput. Hmm, benarkan demikian?

Efek penuaan dini umumnya akan mulai terjadi dan meningkat secara cepat saat seseorang mulai memasuki usia 30-an. Namun, kemunculan efek ini dapat maju lebih awal jika seseorang melakukan kegiatan olahraga dalam intensitas yang berlebihan. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya hasil penelitian dari Dr. Annet King yang menyatakan bahwa terlalu sering berolahraga hanya akan mengakibatkan penuaan dini datang lebih awal. Apalagi olahraga yang dilakukan masuk dalam kategori olahraga yang cukup berat, seperti kardio dan lari. Director of Training and Education dari salah satu klinik kecantikan terbesar di Amerika Serikat ini juga menambahkan bahwa kedua olahraga tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen serta memicu timbulnya efek buruk radikal bebas yang dapat merusak serat kolagen dan elastin pada kulit.

Memaksakan tubuh untuk melakukan olahraga dalam durasi yang berlebihan rupanya juga dapat menyebabkan timbulnya stres pada otot. Nah, pada saat otot mengalami stres, kolagen yang terdapat pada kulit pun akan ikut terpengaruh, sehingga mengalami pecah-pecah. Jika sudah begitu, munculnya tanda-tanda penuaan pun sulit untuk dihindari. Semakin sering seseorang berolahraga, maka pelepasan radikal bebas pada tubuhnya pun akan semakin sering terjadi. Kondisi seperti ini sebenarnya tak boleh dianggap sepele, lho! Pasalnya, pelepasan radikal bebas terlalu banyak tak hanya akan membuat tkamu-tkamu penuaan dini muncul lebih cepat, tapi juga bisa menyebabkan kusamnya kulit serta rusaknya pembuluh darah.

Meski begitu, bukan berarti kamu nggak boleh rutin melakukan olahraga setiap hari, lho! kamu tetap bisa melakukan olahraga setiap hari asalkan porsi dan program latihannya dilakukan secara pas dan tidak berlebihan. Saat usai berolahraga, kamu pun bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang kaya akan anti-oksidan untuk membantu menangkal efek buruk radikal bebas, seperti kacang almond, brokoli, dan jus apel. Nah, agar upaya perlindungan kulit dari timbulnya penuaan dini semakin ekstra, jangan lupa gunakan sunscreen dengan kadar SPF yang cukup ya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV saat berolahraga di luar ruangan!

Sumber: Vemale

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 08 Februari 2018 - 12:07 WIB

Olahraga Sebabkan Keriput, Benarkah?