Waspada! 30% Kanker Kolorektal Serang Usia Produktif

itoday - Sebanyak 30% penderita kanker kolorektal adalah pasien di usia produktif, yaitu usia 40 tahun atau bahkan lebih muda lagi. 

Kanker kolorektal yang ditemukan di Indonesia juga sebagian besar bersifat sporadis dan hanya sebagian kecil bersifat herediter. 

"Kalau di negara barat, pasien dibawa anak, tapi kalau di sini membawa anak. Artinya sudah memasuki usia produktif,"  kata Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof. Dr. Aru W. Sudoyo, SpPD-KHOM, FACP. 

Kondisi ini diperparah dengan 25% pasien kanker kolorektal tersedia pada stadium lanjut yang sudah menyebar ke organ lain. Pada stadium awal, kanker kolorektal jarang terdeteksi secara dini lantaran penyakit yang bisa diderita pria dan wanita ini muncul dengan gejala yang wajar.

"Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum. 25% pasien kanker kolorektal terdiagnosa pada stadium lanjut di mana kanker telah menyebar ke organ lain. Pada kondisi ini pengobatan menjadi lebih sulit, mahal dan tingkat keberhasilan menurun," jelasnya.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker kolorektal merupakan penyebab kematian kedua terbesar untuk pria dan penyebab kematian ketiga kerbesar untuk wanita. 

Sementara data GLOBOCAN 2012 menunjukkan, insiden kanker kolorektal di Indonesia adalah 12,8 per 100.000 penduduk usia dewasa dengan tingkat kematian 9,5% dari seluruh kanker.

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 09 April 2018 - 00:33 WIB

Waspada! 30% Kanker Kolorektal Serang Usia Produktif