5 Baham Alami untuk Mengusir Kista Rahim

itoday - Penyakit kista sering dianggap sepele. Banyak orang yang menderita penyakit kista pada rahim tidak melakukan pencegahan. Hal ini karena gejala kista tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun, kista rahim bisa menjadi penyakit ganas dan menimbulkan rasa sakit luar biasa di bagian ovarium jika tidak dilakukan penanganan yang tepat. Penyakit kista rahim sendiri biasanya ditemui pada wanita menjelang masa menopause atau pasca menopause.

Kista rahim merupakan tumor jinak yang berbentuk seperti kantung kecil berisi cairan yang bisa berkembang dalam indung telur wanita. Meski terdengar berbahaya, ternyata kista rahim yang masih berukuran kecil dapat diatasi dengan berbagai bahan-bahan alami.

Mengutip laman Boldsky, berikut bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan kista pada rahim.

1. Minyak Jarak (castor oil) 

Minyak jarak merupakan obat kuno yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kista ovarium. Minyak esensial ini berfungsi sebagai pembersih tubuh dari racun serta jaringan berlebih. Selain itu, minyak jarak juga dapat merangsang sistem peredaran darah dan limfatik, sehingga berdampak pada pengurangan serta pelarutan kista ovarium.

Caranya, teteskan minyak jarak pada handuk. Kemudian, lipat kain tersebut hingga beberapa lapisan dan taruh di atas perut hingga tertutup semua. Pengobatan ini dapat dilakukan kapan pun, kecuali saat sedang menstruasi dan setelah ovulasi.

2. Teh hijau 

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi miom. Manfaat the hijau sebagai obat miom bahkan telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Meharry Medical College di Nashville, AS. Tim peneliti membuktikan bahwa ekstrak teh hijau dapat digunakan untuk menyembuhkan miom rahim dengan membunuh sel leimyoma dan menyembuhkan luka fibroid setelah diuji pada hewan. Untuk mengobati miom, cukup dengan meminum dua sampai tiga cangkir teh hijau sehari.

3. Cuka apel 

Bahan alami lainnya yang dapat mengobati miom dengan efektif adalah cuka apel. Cuka apel dipercaya mampu melarutkan dan mengecilkan kista yang disebabkan oleh kurangnya kandungan kalium pada tubuh. Cuka yang dibuat dari sari apel ini kaya akan kandungan kalium untuk mengatasi kista. Caranya, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Untuk mengobati kista dengan ampuh, minumlah campuran ini sebanyak dua gelas sehari.

4. Akar bit 

Akar bit yang berwarna merah mengandung senyawa betasianin yang mampu membantu hati untuk membersihkan racun, termasuk kista ovarium dalam tubuh. Selain itu, sifat asam buah bit juga mampu melarutkan dan mengecilkan ukuran kista secara alami. Buatlah jus bit dengan memilih bit yang masih segar. Kemudian, blender  dengan stroberi, jambu merah, dan wortel. Minum jus ini setiap pagi saat perut masih kosong untuk menghilangkan kista ovarium dengan cepat.

5. Bantal atau handuk panas

Mengompres perut dengan bantal atau handuk panas adalah cara yang cukup efektif untuk mengurangi kram otot dan nyeri perut karena kista. Selain mengurangi nyeri, kompres ini juga merupakan metode yang baik untuk mengecilkan kista. Caranya, cukup celupkan handuk kecil pada air panas, lalu peras. Letakkan handuk pada bagian perut atau bawah panggul sambil berbaring dan diamkan hingga 20 menit. Lakukan sesering mungkin untuk hasil yang lebih cepat. Metode ini sangat ampuh untuk kista yang masih berukuran kecil.

 

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 10 April 2018 - 00:49 WIB

5 Baham Alami untuk Mengusir Kista Rahim

Telah dilihat : 3157 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3357 kali

sahabat total episode 2