33 Manfaat Daun Salam untuk Penyembuhan Penyakit dan Perawatan Kesehatan dari Dalam

itoday - Tanaman bernama latin Syzygium polyanthum merupakan salah satu herba yang paling sering dipakai dalam masakan Indonesia. Walaupun begitu kita lebih mengenalnya dengan nama daun salam. Tak hanya melezatkan panganan, ternyata manfaat daun salam juga merambah dunia kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun salam antara lain membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit ringan sampai berat. Baik daun salam segar maupun yang sudah dikeringkan sama-sama bermanfaat besar.

Ingin tahu apa saja manfaat daun salam bagi tubuh? Berikut ini kami sajikan penjelasan lengkap manfaat daun salam.

Khasiat dan manfaat daun salam meliputi pengobatan untuk penyakit organ dalam dan masalah kesehatan umum. Manfaat daun salam juga bisa dirasakan untuk kecantikan.

1. Sebagai obat antijamur. Daun salam memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

2. Sebagai obat anticacing. Metanol yang terdapat pada daun salam berkhasiat sebagai anticacing.

3. Mengatasi masalah pencernaan. Daun salam baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual. Kombinasikan dengan lemon dan gula, kemudian rebus dan minum airnya.

4. Menyehatkan mata. Menambahkan salam pada masakan juga bisa memberikan efek menyehatkan bagi mata.

5. Membantu mengobati infeksi ginjal & mencegah batu ginjal. Rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat 2 kali sehari.

6. Meringankan nyeri. Daun salam dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sendi, keseleo, rheumatik, dan arthritis, karena memiliki sifat antiinflamasi.

7. Mengatasi migrain. Salam mengandung partenolida yang baik untuk migrain. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

8. Untuk kesehatan rambut. Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.

9. Menunda munculnya uban. Resep hot oil di atas juga efektif untuk menjaga rambut tetap hitam sampai usia senja.

 

Manfaat daun salam untuk diet

Ternyata manfaat daun salam juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Dilansir Times of India, Mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Manfaat daun salam kering

Tak hanya daun salam segar yang berkhasiat. Manfaat daun salam yang sudah dikeringkan pun tak kalah banyak.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat daun salam kering adalah dengan mengolahnya menjadi teh.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam kering rebus untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan. Atasi gangguan pencernaan seperti mulas, sembelit, dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur.

2. Meredakan stres. Daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.

3. Meringankan gejala flu, demam, dan infeksi. Teh daun salam kering juga bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh untuk penderita 3 gejala penyakit ini.

4. Menjadikan tidur lebih lelap. Menghirup teh daun salam akan membantu menenangkan pikiran dan menjadikan tidur lebih nyenyak.

5. Perawatan untuk mimisan. Setelah mimisan disarankan meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

6. Steam wajah untuk kulit lelah. Rebus 5 daun salam kering dan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan uapnya untuk facial steam.

Manfaat daun salam untuk diabetes

Konsumsi 1-3 gram daun salam setiap hari selama 30 hari berturut-turut dapat mengefektifkan fungsi glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2. Dilansir TheHealthSite, efek hipoglikemik daun salam dikaitkan dengan kehadiran minyak esensial dan fitokimia di dalamnya. Keduanya dapat membantu metabolisme insulin.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Clinical Biochemistry and Nutrition, polifenol di dalam daun salam juga menghasilkan aktivitas potensiasi insulin sehingga membantu kontrol glukosa lebih efektif.

Manfaat daun salam, sereh, dan jahe

Daun salam yang dikombinasikan dengan sereh (serai) dan jahe bisa membantu meredakan sakit maag, kembung, dan nafsu makan yang hilang.

Rebus 5 lembar daun salam, 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh ditambahkan madu untuk rasa dan nutrisi ekstra. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

Manfaat daun salam dan daun sirsak

Daun salam dan daun sirsak sama-sama memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Jika dikombinasikan khasiatnya semakin beragam.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam dan daun sirsak dalam bentuk ekstrak maupun rebusan.

1. Menngontrol kadar kolesterol

2. Mencegah asam urat

3. Membantu pengobatan eksim

4. Mengendalikan diabetes

5. Mengobati rematik

6. Meningkatkan kualitas tidur

7. Menjadikan awet muda

8. Pengobatan wasir

9. Memperbaiki kinerja jantung

10. Mencegah kanker

11. Menyehatkan ginjal

12. Mengatasi sembelit

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

14. Menurunkan tekanan darah

 

Manfaat daun salam untuk kanker

Beberapa zat yang terdapat pada daun salam diketahui berkhasiat melawan beberapa jenis kanker. Zat-zat tersebut antara lain caffeic, eugenol, catechin dan quercetin.

Manfaat daun salam untuk asam urat

Daun salam cukup efektif untuk mengobati asam urat. Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. Perlu diingat pengobatan dengan herba alami seperti daun salam hanya bersifat alternatif. Normalnya hanya untuk mendampingi medikasi profesional.

 

Sumber: Merdeka

Komentar

Artikel Terkait