Pembakaran Kalori dengan Berendam Air Panas Setara dengan Jalan Kaki 30 Menit

itoday - Berendam air panas membuat tubuh terasa nyaman. Bahkan, mandi air panas juga bisa membantu membakar kalori. Menurut sejumlah penelitian, berendam air panas setara dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Dikutip dari Life Strong, peneliti dari Loughborough University, Inggris, merilis hasil studi yang dilakukan terhadap 14 pria. Para pria tersebut dibagi dalam dua kelompok dengan aktivitas berbeda. Pria dalam kelompok pertama diminta bersepeda selama satu jam sebelum berendam air panas. Sedangkan pria di kelompok kedua hanya diminta berendam.

Hasilnya, pria pada kelompok pertama berhasil membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Sementara pria pada kelompok kedua membakar sekitar 130 kalori setelah berendam air panas selama satu jam.

Pembakaran kalori itu terjadi karena suhu tubuh meningkat. Saat suhu tubuh meningkat, maka pembakaran kalori akan terjadi lebih cepat. Selain itu, berendam air panas juga bisa membantu menetralkan kadar gula darah.

Meski demikian, berendam air panas tidak bisa dijadikan sebagai pengganti olahraga. Anda tetap harus berolahraga agar tubuh tetap bugar dan berat badan menurun. Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Komentar

Artikel Terkait