Hipertensi Penyebab Kematian Nomor Satu di Dunia

 

itoday - Salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak dikenal adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hari Hipertensi Sedunia pun diperingati setiap tanggal 17 Mei.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015, penyakit ini adalah penyebab nomor satu kematian di dunia dalam setiap tahunnya. Sebanyak 1,13 miliar orang di dunia menderita hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis menderita penyakit tersebut. 

"Hipertensi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Namun banyak orang yang tidak sadar", ujar dr Cut Putri Arianie, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Penyakit ini sering disebut sebagai 'the silent killer' karena pengidapnya tidak mengalami keluhan atau gejala, sehingga mereka tidak mengetahui bahwa dirinya terkena hipertensi. Dan parahnya, ada banyak orang yang baru mengetahuinya setelah terjadinya komplikasi.

Di Indonesia sendiri, hipertensi adalah penyebab kematian nomor lima terbesar menurut data Survei Sample Registration (SRS).

World Hypertension League (WHL) merekomendasikan setiap orang harus memeriksa tekanan darah minimal satu kali dalam setahun. Dengan begitu setiap orang bisa mengendalikan tekanan darah dan menghindari risiko komplikasi akibat hipertensi.

Komentar

Artikel Terkait