Ini 5 Manfaat Kesehatan Pelihara Janggut

itoday - Selama ini pria yang memiliki atau memelihara rambut janggut dan kumisnya hanya dianggap lebih tampan daripada pria lainnya. Pria pemilik kumis dan janggut pun merasa lebih percaya diri karena bisa tampil selayaknya pria tulen.

Padahal, dengan memiliki dan memelihara rambut janggut dan kumis, seorang pria tanpa sadar telah dilindungi kesehatannya oleh rambut-rambut wajahnya yang dipanjangkan itu. Melansir dari laman Mirror, Rabu (6/6/2018).

1. Terhindar dari ruam

Masalah yang paling umum yang diakibatkan dari mencukur rambut-rambut wajah adalah ruam. Seringkali rasa gatal terasa pada wajah yang disebabkan oleh bakteri yang mampu menginfeksi kulit, bernama staphylococcus aureus.

“Rambut wajah yang dicukur kemudian tumbuh lagi, dapat membentuk benjolan yang tumbuh ke dalam bisa menjadi radang. Selama bercukur berikutnya, benjolan ini bisa teriris dan menyebabkan iritasi hingga infeksi,” jelas Dr Toni Phillips, direktur klinis klinik kulit Destiny.

2. Terhindar dari alergi

Jika Anda salah seorang pria yang sensitif terhadap debu, dengan memelihara kumis dan janggut yang lebat secara tidak langsung Anda akan terhindar dari alergi, sebab rambut-rambut wajah itu bisa membuat pertahanan terhadap debu yang memasuki hidung dan sistem pernapasan.

“Kemungkinan besar debu terperangkap di rambut wajah dan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh,” ujar Dr Gill Hart dari York Test.

3. Menurunkan risiko kanker kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh University of Southern Queensland Australia, menunjukkan rambut wajah cukup efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dalam Journal of Radiation Protection Dosimetry dituliskan, para periset menggunakan manekin berjanggut dan tidak berjanggut diletakkan di bawah sinar matahari.

Hasil penelitian menunjukkan janggut ternyata dapat mencegah kanker kulit sekira 90-95 persen perlindungannya terhadap UV berbahaya, tergantung pada panjang janggut dan banyak rambut wajah yang tumbuh.

4. Memperlambat keriput

Memiliki rambut wajah juga bisa memperlambat proses penuaan di kulit kata dokter kulit Dr Adam Friedmann. Menurutnya, paparan sinar matahari adalah penyabab utama penuaan dan kerusakan kulit, sehingga masuk akal jika wajah yang tertutupi oleh janggut lebat dapat terlindungi dari tanda-tanda penuaan pada kulit.

5. Mengurangi asma

Memiliki rambut wajah membuat sekira 5,4 juta orang di Inggris yakin rambut wajah mereka bisa melindungi dari iritasi yang disebabkan oleh tungau dan debu rumah. Dengan memiliki janggut dan kumis, seorang pria juga bisa melindungi mereka dari partikel tertentu yang akan masuk ke hidung dan berjalan ke paru-paru hingga menyebabkan asma.

 

Tags #Janggut

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 07 Juni 2018 - 00:35 WIB

Ini 5 Manfaat Kesehatan Pelihara Janggut