Selain Minum Air, Ini Cara Lain untuk Cegah Tubuh Dehidrasi

itoday - Kondisi cuaca yang panas dapat menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, menghidrasi tubuh sangat penting untuk mengeluarkan racun, memperbaiki kulit, meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh,dan mencegah sakit kepala. Bagi sebagian orang meminum air mineral pun terasa menjenuhkan. Dilansir dari Blodsky, Selasa (20/11/2018) ada cara lain untuk tetap terhidrasi selain dengan meminum air mineral.

Para ilmuwan di Universitas Stirling, Loughborough dan Bangor telah mengungkapkan bahwa selain dari air mineral, ada minuman lain yang dapat membuat Anda terhidrasi.

Percobaan penelitian dilakukan pada 13 minuman yang biasa dan ditemukan bahwa beberapa cairan disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama daripada air. Cairan ini masih berupa air bersoda, susu, cola, teh panas, teh dingin, jus jeruk, bir, kopi, dan minuman olahraga.

Menurut Neil Walsh dari Universitas Bangor, cairan seperti teh dan kopi ketika diminum dalam jumlah normal tidak merangsang hilangnya cairan.

Ketika makan, bisa sisihkan separuh ruang piring Anda untuk diisi dengan buah dan sayuran. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan air tertinggi adalah seledri, tomat, jeruk dan melon. Makanan-makanan ini akan menyediakan air, vitamin, mineral, dan serat untuk tubuh Anda.

1. Oatmeal

Sarapan dengan oatmeal dapat menghidrasi tubuh. Mengapa? Karena oat akan memuai ketika diserap dalam cairan seperti susu atau air. Ini yang membuat oatmeal menjadi makanan yang dapat menghidrasi. Bisa juga dengan menambahkan buah-buahan segar seperti semangka, jeruk dan buah lainnya.

2. Makanan Ringan yang Sehat

Hindari camilan karbohidrat tinggi seperti keripik dan kerupuk karena mereka memiliki kadar air yang sangat rendah. Jadi, gantilah camilan ini dengan camilan yang memiliki kandungan air tinggi seperti yogurt, sayuran dengan hummus, smoothies buatan sendiri, dan buah-buahan segar.

3. Minuman Beraroma

Minum air putih bisa jadi membosankan, mengapa tidak dengan menambahkan buah-buahan segar dan rempah-rempah. Anda juga dapat menyeduh es teh buatan sendiri dengan menambahkan lemon segar. Minuman beraroma lebih mudah diminum yang berarti lebih banyak diminum dalam jumlah besar daripada air.

4. Jus Buah Dan Sayuran

Jus buah dan sayuran memiliki kandungan air sekitar 85 hingga 100 persen. Karena buah memiliki kandungan gula yang dapat menghambat hidrasi, perlu menambahkan air ke dalam jus buah untuk menurunkan rasa manisnya.

5. Sup Berbahan Dasar Kaldu

Sup berbahan dasar kaldu yang bahannya hanyalah air, sayuran, dan ayam. Ini membuat sup sangat sehat dan penuh rasa. Ini juga menghidrasi tubuh Anda dan itulah alasan mengapa banyak dokter menyarankan sup kaldu jika Anda sedang demam atau muntah.

 

Sumber: Blodsky/Foto: Tribunnews

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 25 Oktober 2018 - 13:35 WIB

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Usai Konsumsi "Softdrink"

Jumat, , 25 Mei 2018 - 00:24 WIB

Minum Air Es Tak Selamanya Buruk, Ini Buktinya!