6 Hal yang Bisa Mengantar Anda Bermimpi Buruk

itoday - Semua orang tahu seberapa menyeramkannya jika masuk dalam mimpi buruk. Meskipun mudah untuk menuduh itu disebabkan oleh film menakutkan, sebenarnya penyebabnya mimpi buruk itu muncul karena kegiatan yang tampaknya biasa yang dilakukan setiap hari.

Mimpi buruk berbeda dengan mimpi-mimpi biasanya yang hanya lewat saat tidur karena dapat membangunkan Anda tiba-tiba dan membuat Anda tersentak bangun olehnya. Kecemasan yang disebabkan mimpi buruk Anda akan terasa setelah Anda terbangun dari tidur dan itu terasa sangat nyata yang membuat bangun terasa lebih menakutkan.

Mimpi buruk lebih sering terjadi kepada anak-anak daripada orang dewasa, tetapi itu tidak berarti terjadi kepada orang dewasa. Diperkirakan 50 persen orang dewasa mengalami mimpi buruk sekali, menurut para ahli psikologi. Perempuan lebih sering daripada laki-laki.

Berikut beberapa hal mengejutkan yang dapat menyebabkan mimpi buruk Yang dilansir dari HuffPost, Kamis (22/11/2018).

1. Sedang Berurusan dengan Masalah Kesehatan Mental

Meskipun depresi jelas merupakan suatu faktor, stress umum dari kehidupan sehari-hari juga dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap mimpi buruk dan kualitas tidur. Keadaan umum, seperti bergerak, memiliki tes yang akan datang atau mengubah peran di tempat kerja, dapat memicu mimpi buruk. Kesedihan dan masalah serius lainnya juga dapat meningkatkan risiko Anda.

2. Memiliki Ciri-Ciri Kepribadian Tertentu.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa karakter dapat berkontribusi pada mimpi buruk. Orang yang lebih sensitif lebih mungkin memiliki mimpi buruk yang sering terjadi. Orang-orang yang memiliki minat artistik dan kreatif juga lebih mungkin mengalami mimpi buruk secara teratur.

Psikoanalis Austria-Amerika dan peneliti tidur Ernest Hartmann menemukan bahwa orang-orang dengan batas kepribadian yang lebih tipis, mereka berpikir terbuka, sensitif, dan kreatif lebih mungkin memiliki mimpi yang lebih panjang, hidup, rinci dan emosional. Konten mimpi itu biasanya "menunjukkan kecenderungan korelasi dengan interaksi agresif dan kemiripan-mimpi."

3. Trauma

Mimpi buruk adalah gejala utama gangguan stres pasca trauma. Beberapa orang bangun dengan perasaan sedih atau takut setelah mimpi buruk yang bisa menjadi awal yang sulit untuk hari ini, kata Alex Dimitriu, seorang dokter dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine. “Jika ini jarang terjadi, itu cukup normal. Namun, seringnya mimpi buruk yang sering terjadi dapat menjadi tanda dari beberapa memori yang tertindas, trauma, atau gangguan tidur.”

4. Makan Sebelum Tidur

Hal ini mungkin tidak disadari oleh Anda, tapi makan sebelum tidur bisa menjadi sumber mimpi buruk Anda. Makan makanan berat atau hanya mengemil dapat meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh Anda yang menyebabkan otak menjadi lebih aktif dengan demikian dapat menyebabkan lebih banyak mimpi buruk.

5. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur Anda dan membuat Anda bermimpi buruk. Obat tekanan darah, antidepresan, antihistamin (ditemukan dalam alat bantu tidur dan obat-obatan alergi) , steroid, dan obat-obat penurun kolestrol adalah beberapa obat yg dapat berkontribusi untuk tidur tengganggu dan mimpi buruk.

6. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Saat minum alkohol pada awalnya mungkin membantu Anda tertidur, malam Anda akan menjadi tenang. Pada titik tertentu, alkohol memetabolisme dan efek obat penenang habis, menciptakan tidur yang terfragmentasi dan mimpi buruk.

 

Sumber:HuffPost/Foto:Howstuffworks

 

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 23 November 2018 - 00:51 WIB

6 Hal yang Bisa Mengantar Anda Bermimpi Buruk