Ini lho Penyebab Rabun Senja dan Cara Mengatasinya

itoday - Rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya. Penyakit ini bisa disebabkan karena luka, malagizi (kekurangan vitamin A) atau sejak lahir

Dikutip dari Medical News Today Pengobatan bisa dengan memakai jenis kacamata khusus atau lensa kontak yang dapat membantu untuk mendukung penglihatan yang benar.

Mengenakan kacamata hitam juga dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan mata lebih lanjut.

Ketika penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, pengobatan terbaik adalah melibatkan penambahan lebih banyak Vitamin A ke dalam diet. Sumber vitamin A yang bagus meliputi: telur, sereal yang diperkaya, susu yang diperkaya, sayuran dan buah-buahan oranye dan kuning, minyak ikan cod dan sayuran hijau gelap berdaun.

Operasi mata mungkin diperlukan dalam kasus yang lebih parah. Sebagai contoh, jenis operasi yang mengubah bentuk kornea untuk meningkatkan penglihatan. Jenis operasi lain mungkin bertujuan untuk menghilangkan katarak atau untuk melepaskan tekanan di mata untuk pengobatan glaukoma.

Dalam beberapa kasus, rabun senja mungkin tidak dapat diobati, misalnya karena retinitis pigmentosa. Ahli kesehatan belum menemukan perawatan yang efektif, meskipun perangkat mata tertentu dan layanan terapi dapat memperbaiki gejala dan kualitas hidup pasien.

Akan sangat membantu jika Anda mengambil tindakan pencegahan untuk menurunkan beberapa risiko yang disebabkan oleh rabun senja ini. Seperti tidak mengemudi di malam hari atau sebisa mungkin tak banyak bergerak di dalam kegelapan.

Sumber tempo | Foto: Deherba.com

Komentar

Artikel Terkait