10 Nutrisi untuk Gigi dan Gusi Sehat

itoday - Anda tidak percaya diri karena gigi yang kuning dan penuh plak? Seringkali mengalami gusi bengkak atau masalah mulut yang lain? Anda tak perlu khawatir lagi.

Dengan makanan-makanan yang penuh nutrisi ini, Anda bisa menjaga gigi dan mulut Anda tetap sehat dan bebas penyakit, antara lain :

1. Stroberi
Stroberi biasanya memberikan warna pink pada gigi setelah Anda memakannya. Namun, siapa yang tahu bahwa stroberi memiliki malic acid yang bisa mengurangi noda pada gigi.

2. Brokoli
Memakan brokoli bisa menguatkan enamel gigi dengan memberikan lapisan anti-asam pada gigi Anda. Ini adalah salah satu alasan untuk rajin mengonsumsi brokoli.

3. Jamur shitake
Jamur shitake mungkin susah didapatkan di Indonesia. Namun jamur ini terbukti mengandung lentinan yang bisa mencegah bakteri berkembang dalam mulut. Jamur ini membuat mulut Anda bebas plak.

4. Apel
Ini tidak mengagetkan, karena apel mengandung asam yang bisa memutihkan gigi seseorang. Namun harus dipastikan bahwa Anda mengonsumsi apel yang masih segar. Jangan lupa juga untuk tetap menyikat gigi setelah makan apel.

5. Wortel dan Seledri
Seperti apel, wortel dan seledri bisa membantu Anda membersihkan bakteri yang menyebabkan noda pada gigi. Ditambah lagi, wortel dan seledri juga membuat mulut Anda menghasilkan air liur yang bisa menjadi cairan pembersih mulut alami.

6. Jeruk dan nanas
Buah-buahan asam ini merangsang produksi air liur yang akan membuat mulut Anda tidak asam dan bebas bakteri. Menggosokkan kulit jeruk secara langsung juga bisa membuat gigi Anda terlihat lebih putih dengan menghilangkan tartar..

7. Biji wijen
Biji wijen bisa menghilangkan plak dan membantu menguatkan enamel gigi. Biji wijen juga kaya kalsium yang bisa memperkuat tulang gigi dan gusi Anda.

8. Teh hijau
Teh hijau mengandung catechin yang bisa membunuh bakteri yang mengubah gula menjadi plak di dalam mulut. Catechin juga menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

9. Keju keras
Keju keras mengandung karbohidrat rendah dan tinggi kalsium dan fosfat yang memberikan beberapa keuntungan untuk mulut dan gigi Anda. Keju bisa menyeimbangkan pH sehingga mencegah pertumbuhan bakteri.

10. Kiwi
Kiwi mengandung kadar vitamin C yang lebih banyak dari buah-buahan lain. Penelitian menemukan bahwa jaringan kolagen pada gusi Anda bisa rusak dan membuat gusi Anda rentan terkena bakteri. Kandungan vitamin C pada kiwi bisa mencegah hal ini terjadi.

Itulah 10 nutrisi yang bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda, serta membuat gigi Anda terlihat lebih putih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda.


Sumber berita dan foto : merdeka.com

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 27 Februari 2019 - 16:13 WIB

Manfaat Sperma

Selasa, , 12 Februari 2019 - 14:46 WIB

10 Nutrisi untuk Gigi dan Gusi Sehat

Telah dilihat : 129 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 144 kali

Kambing Naik Alphard