10 Kebiasaan Ini Bikin Wajah Anda Mudah Keriput

itoday - Setelah mendapat pemasukan bulanan, kaum hawa kerap kali menyisihkan pundi-pundinya untuk membeli skin care, agar kulit, khususnya bagian wajah, tidak cepat keriput. Karena itu, segala jenis perawatan wajah pun dicoba dengan harapan agar kulit tetap kencang, cerah, dan menawan.

Meski demikian, hal yang sering kali dilupakan adalah perawatan luar yang tidak diimbangi oleh kebiasaan positif serta asupan nutrisi tidak akan pernah memberikan hasil yang optimal. Terkecuali Anda melakukan tindakan operasi plastik dan sebagainya, ya.

Untuk itu, seperti dilansir Best Life, hindarilah 10 kebiasaan buruk ini agar aneka skin care yang Anda miliki bisa memberikan efek maksimal terhadap kulit wajah.

1. Membersihkan riasan wajah dengan kasar

Meski rasa lelah selepas bekerja tak bisa Anda bendung lagi, lantas jangan sampai hal itu membuat Anda menghapus riasan wajah dengan asal dan kasar. Selain masih meninggalkan kotoran yang membuat wajah tak bisa "bernapas", menghapus riasan dengan asal dan kasar hanya akan menyebabkan kerutan di bagian bawah mata. Sebab, kulit di area tersebut sangat rapuh dan tipis sehingga perlu metode khusus saat hendak dibersihkan.

Caranya, tuangkan cairan pembersih riasan mata ke kapas khusus wajah. Lalu, taruh pada bagian mata yang dibersihkan. Tunggu selama 20 detik, barulah Anda hapus riasan tersebut dengan perlahan. Menunggu selama 20 detik itu berguna agar riasan terserap dulu oleh kapas dan bisa terangkat dengan mudah saat dihapus. Jangan pernah digosok-gosok sekalipun maskara waterproof Anda sulit dibersihkan. Kuncinya, sabar dan perlahan!

2. Tidak menggunakan tabir surya

Tidak memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan tak hanya bisa memicu kanker kulit di kemudian hari. Tapi juga menyebabkan timbulnya flek hitam dan kerutan di wajah. Karena itu, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 setiap harinya, meski cuaca sedang tidak panas.

3. Terlalu sering minum dengan sedotan

Siapa sangka minum dengan sedotan bisa menimbulkan pengerutan dini pada wajah? Menurut seorang cosmetic dentist Dr. Lana Rozenberg, minum dengan sedotan membuat Anda terlalu sering mengerucutkan bibir sehingga bisa meningkatkan risiko munculnya keriput dini di area tersebut.

4. Gemar makan makanan manis

Mengonsumsi banyak gula serta karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga terjadi pelepasan insulin yang menyebabkan peradangan kulit. Gula juga mengikat serat elastis dan kolagen yang membuat kulit tampak awet muda. Jadi, mulai sekarang batasilah frekuensi mengonsumsi makanan yang manis-manis.

5. Kurang tidur

Menurut sebuah studi pada tahun 2013 dari University Hospitals Case Medical Center, waktu tidur yang sedikit dan kualitas tidur yang buruk dapat mempercepat tanda-tanda penuaan kulit dan melemahkan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri.

6. Menyemprotkan parfum di leher

Wajah Anda terlihat masih kencang, tetapi leher malah cenderung keriput? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan yang satu ini, yaitu menyemprotkan parfum di leher. Pasalnya, parfum mengandung alkohol yang bisa menjadi photosensitive apabila terkena sinar matahari. Hal tersebut membuat kulit leher menderita karena mendapat sengatan matahari dan ujung-ujungnya, bisa menyebabkan pigmentasi dan keriput.

7. Masih merokok dan minum alkohol

Sepertinya tidak akan ada habisnya membicarakan keburukan dari dua hal berikut, termasuk efeknya pada kesehatan kulit. Mengonsumsi banyak minuman beralkohol, terutama sebelum tidur, hanya akan membuat Anda dehidrasi. Nah, dehidrasi itulah yang menimbulkan kekeringan di wajah yang berujung pada muncul banyak kerutan.

Selain itu, kandungan nikotin pada rokok bisa menimbulkan kerutan dan kekusaman di kulit seluruh area tubuh. Apalagi saat merokok, mulut Anda terus-terusan mengerucut dan melakukan isapan. Secara otomatis, risiko Anda memiliki wajah yang penuh kerutan dan terlihat lebih tua dari usianya pun tak bisa dihindari lagi.

8. Tidur dengan posisi miring atau tengkurap

Menurut sebuah penelitian tahun 2003, cara Anda tidur memainkan peran dalam munculnya keriput pada wajah. Apabila Anda sering tidur miring atau tengkurap, wajah Anda akan lebih banyak menerima tekanan sehingga berisiko mendapatkan garis keriput terutama di daerah pipi dan mata.

9. Lupa mengonsumsi lemak baik

Seperti yang sudah dikatakan di atas, skin care yang tidak Anda imbangi dengan asupan nutrisi baik tak akan memberikan hasil yang maksimal. Untuk itu, jangan lupa konsumsi lemak baik yang terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

10. Tidak mengelola stres dengan baik

Terlalu banyak mendapat tekanan dan tidak mampu mengontrolnya akan menimbulkan penumpukan hormon kortisol (hormon stres) di dalam tubuh. Nah, menumpuknya hormon kortisol pada tubuh Anda hanya akan mempercepat proses penuaan kulit, seperti munculnya garis-garis halus dan kulit menjadi kusam. Maka, tak heran saat Anda stres, penampilan wajah pun menjadi terlihat lebih "berantakan". Jadi, lakukanlah hal-hal positif untuk mengendalikan stres tersebut.

Menginginkan kondisi kulit yang senantiasa sehat, kencang, dan cerah sebenarnya tidak akan menjadi impian belaka. Anda harus mengimbangi antara penggunaan skin care, setop melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, dan mengonsumsi makanan bernutrisi. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar keriput tidak muncul sebelum waktunya!


Sumber berita : klikdokter.com/ Sumber foto : hellosehat.com

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 19 Februari 2019 - 16:45 WIB

10 Kebiasaan Ini Bikin Wajah Anda Mudah Keriput

Selasa, , 12 Februari 2019 - 16:43 WIB

Cegah Keriput Sekarang Juga

Kamis, , 08 Februari 2018 - 12:07 WIB

Olahraga Sebabkan Keriput, Benarkah?