Sempatkan 30 Menit Olahraga Sebelum Kerja Agar Tak Kena Serangan Jantung

itoday - Sesibuk apapun, sempatkan waktu barang 30 menit sebelum bekerja untuk melakukan sedikit olahraga ringan. Menurut penelitian, ini bisa menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah.

Para ilmuwan dari Univeristy of Western Australia membuktikan hal itu dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 35 wanita dan 32 pria. Para partisipan melakukan berbagai skenario beraktivitas.

Skenario pertama adalah duduk selama 8 jam berturut-turut, seperti yang biasa dikerjakan para pekerja kantoran. Skenario kedua, partisipan duduk selama 1 jam lalu diselingi olahraga ringan selama 30 menit sebelum melanjutkan duduk selama 6,5 jam.

 

Pada skenario terakhir, partisipan duduk terlebih dahulu selama 1 jam lalu olahraga selama 30 menit. Bedanya, 6,5 jam berikutnya mereka duduk dengan diselingi olahraga ringan selama 3 menit tiap 30 menit.

Hasil analisis yang dipublikasikan di jurnal Hypertension menunjukkan bahwa tekanan darah khususnya tekanan sistolik teramati lebih rendah pada partisipan yang berolahraga. Efeknya lebih teramati pada perempuan.

Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang terukur ketika jantung memompa darah. Angka yang terbaca banyak dipakai untuk memprediksi risiko serangan jantung. Tekanan lebih rendah, artinya lebih aman.

Dikutip dari Dailymail, olahraga dalam penelitian ini menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat otot jantung. Makin kuat otot jantung, makin mudah organ ini memompa darah, yang artinya tenaga untuk menekan pembuluh darah juga lebih ringan.

 

Sumber berita : detik.com / Foto : Kesehatankita.net

 

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 19 Maret 2019 - 12:20 WIB

Ini Dia 6 Tempat Gym Terbaik Di Jakarta

Senin, , 18 Maret 2019 - 10:40 WIB

5 Cara Cerdas untuk Memotivasi Diri ke Tempat Gym

Kamis, , 14 Maret 2019 - 16:12 WIB

Awas, 5 Tempat di Gym Ini Rentan Tularkan Penyakit