Nutrisi Penting yang Tetap Harus Wanita Dapatkan Saat Sedang Diet

itoday - Saat Anda merasa kelebihan berat badan atau belum puas dengan bentuk tubuh Anda sekarang, yang pasti Anda lakukan, terutama para wanita, adalah diet penurunan berat badan. Namun, jangan sembarangan dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Diet bukan berarti Anda harus memangkas banyak kalori dan sangat membatasi asupan makan Anda. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi penting saat diet. Berikut ini merupakan beberapa nutrisi penting yang harus Anda penuhi, walaupun sedang diet.

Karbohidrat

Banyak orang berpikir bahwa asupan karbohidrat harus dipangkas saat diet. Namun, sebenarnya tubuh Anda sangat membutuhkan karbohidrat walaupun sedang diet. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh Anda. Jika tidak ada karbohidrat dalam tubuh Anda, tubuh akan mengambil energi dari cadangan lemak dan protein. Ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Yang sebenarnya harus Anda lakukan adalah menghindari asupan karbohidrat yang bersumber dari gula atau makanan dan minuman yang mengandung gula. Dan, mengambil sumber karbohidrat dari sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan kacang-kacangan. Sumber karbohidrat dari makanan ini dapat membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi dan serat, serta mencegah Anda dari masalah kesehatan.

Protein

Protein juga merupakan salah satu nutrisi yang harus Anda penuhi saat diet. Bahkan, protein sebenarnya dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Makanan sumber protein, seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan, dapat membuat Anda merasa kenyang dan lebih puas setelah makan. Hal ini membuat Anda lebih bisa mengontrol nafsu makan Anda, mengurangi keinginan Anda untuk makan banyak di waktu makan selanjutnya. Tubuh juga memerlukan lebih banyak energi saat mencerna protein, sehingga berat badan Anda lebih mudah turun.

Zat besi

Nutrisi penting saat diet yang harus Anda penuhi selanjutnya adalah zat besi. Zat besi merupakan salah satu zat gizi penting bagi wanita. Zat besi ini membantu sel darah merah dalam membawa oksigen ke semua sel di seluruh tubuh. Tanpa oksigen yang cukup dalam tubuh, Anda dapat merasa lelah dan lemas. Membuat Anda malas untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga, sehingga hal ini malah membuat berat badan Anda meningkat.

Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, yaitu anemia defisiensi besi. Anda bisa mendapatkan sumber zat besi dari konsumsi daging merah, ayam, ikan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ini termasuk salah satu nutrisi penting saat diet yang harus Anda penuhi. Pemenuhan kebutuhan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu mengatur tekanan darah, memperkuat otot, dan mencegah Anda dari osteoporosis. Sehingga, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan kalsium, yaitu sekitar 1000 mg per hari.

Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi makanan sumber kalsium, seperti susu, keju, yogurt, sayuran hijau (seperti bayam, kale, dan brokoli), kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Asam folat

Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi wanita, terutama wanita usia subur atau wanita yang sudah mulai merencanakan kehamilan. Asam folat ini dapat mengurangi risiko Anda memiliki bayi lahir cacat (seperti bibir sumbing atau celah pada langit-langit mulut).

Selain itu, asam folat juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan terlibat dalam produksi sel darah putih dalam melawan penyakit. Juga, dapat melindungi Anda dari penyakit anemia jenis tertentu. Anda bisa memeroleh asam folat dari sayuran hijau, jeruk, buah berry, dan kacang-kacangan.


Sumber berita dan foto : hellosehat.com

Komentar

Artikel Terkait