Awas, 5 Tempat di Gym Ini Rentan Tularkan Penyakit

 

itoday - Jakarta Sering didatangi orang yang berolahraga, tentu saja membuat gym alias pusat kebugaran menjadi tempat tinggal bagi kuman atau bakteri. Untuk itu, penting bagi Anda mewaspadai beberapa tempat tertentu agar tidak malah tertular penyakit.

Melansir laman Mens Health pada Jumat (7/12/2018), seorang petugas gym di New York, secara anonim memaparkan beberapa  yang kotor dan rentan menularkan kuman di tempat olahraga. Apa saja tempat-tempat tersebut?

1. Pegangan treadmill

Anda secara otomatis biasanya akan memegang pegangan di samping atau depan Anda saat berlari di treadmill. Namun, petugas dengan 15 tahun pengalaman itu tidak menyarankannya.

"Orang-orang biasanya akan menyeka hidung dengan tangan dan meletakkannya di pegangan," ujarnya. Dia menambahkan, orang juga menutup batuk dengan tangan untuk kemudian memegang treadmill.

"Saya merekomendasikan orang-orang untuk mencuci tangan mereka dan menggunakan tisu antibakteri," tambahnya.

Atau, Anda juga bisa meletakkan handuk di atas pegangan agar tidak menyentuhnya langsung.

2. Gagang pintu kamar mandi

"Orang-orang keluar dari kamar mandi dan menyentuh gagang pintu tanpa mencuci tangan. Mereka meninggalkan bakteri," ujar petugas tersebut.

3. Di peralatan gym

Peralatan gym tentu saja terpapar dengan kuman dan keringat orang-orang yang berolahraga. Terutama tempat-tempat yang terpapar langsung dengan kulit seperti tiang pegangan atau bantalan.

Karena itu, petugas gym tersebut merekomendasikan Anda menyeka tempat tersebut terlebih dulu dengan handuk atau lap antibakteri. Gunakan juga campuran dan alkohol untuk membunuh bakteri dan kuman.

4. Lantai kamar mandi

"Ada berbagai jenis bakteri yang bisa diberikan dari orang-orang yang tidak Anda kenal, seperti jamur kaki," kata petugas tersebut.

Sehingga, Anda sebaiknya membawa sendal yang bisa digunakan di kamar mandi.

5. Lantai kolam renang

Di beberapa gym yang menyediakan kolam renang, klorin memang membunuh kuman di kolam. Namun, jika Anda keluar dari air dan berjalan di sekitar kolam, disarankan menggunakan sendal yang tidak licin.

 

Sumber Berita : liputan6.com / Foto : sidomi.com

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 21 Mei 2019 - 15:07 WIB

5 Celana Andalan yang Nyaman untuk Nge-Gym