Perbedaan Kebutuhan Nutrisi Antara Remaja Laki-laki dan Perempuan

itoday - Baik remaja laki-laki maupun perempuan membutuhkan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, serta untuk menjaga berat badannya. Kecuali kebutuhan kalori harian, nutrisi yang dibutuhkan oleh remaja laki-laki dan perempuan kurang lebih sama (untuk yang berusia kurang dari 14 tahun). Akan tetapi, saat mereka memasuki usia 14 tahun atau lebih, maka mereka akan mulai bertumbuh menjadi wanita dan pria, yang membutuhkan nutrisi yang berbeda.

Kebutuhan Kalori

Karena remaja laki-laki memiliki tubuh yang lebih besar dan massa otot yang lebih besar, maka mereka membutuhkan kalori yang lebih banyak daripada remaja perempuan. The Dietary Guidelines for Americans 2010 memperkirakan bahwa remaja perempuan yang berusia antara 14-18 tahun biasanya membutuhkan 1.800-2.400 kalori setiap harinya. Sedankan remaja laki-laki pada usia yang sama membutuhkan sekitar 2.000-3.200 kalori setiap harinya. Semakin aktif remaja tersebut, maka semakin banyak kalori yang diperlukan untuk menjaga berat badannya.

Kebutuhan Protein

Anak-anak yang berusia 9-13 tahun membutuhkan 34 gram protein setiap harinya, baik laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, jumlah protein yang dibutuhkan oleh remaja laki-laki yang berusia 14-18 tahun lebih tinggi daripada yang dibutuhkan oleh remaja perempuan pada usia yang sama. Jumlah protein harian yang direkomendasikan adalah 52 gram untuk remaja laki-laki berusia 14-18 tahun, dan 46 gram untuk remaja perempuan dengan usia yang sama.

Beberapa jenis makanan kaya protein adalah daging sapi tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, seafood, telur, kedelai dan produk olahannya, susu dan produk olahannya yang rendah lemak, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kebutuhan Lemak

Remaja laki-laki dan perempuan sama-sama harus mengkonsumsi lemak sekitar 25-35% dari jumlah kalori harian mereka. Akan tetapi, karena para remaja laki-laki membutuhkan lebih banyak kalori, mereka pun membutuhkan jumlah lemak (termasuk omega 3) yang lebih banyak daripada remaja perempuan.
The Institute of Medicine merekomendasikan agar para remaja perempuan mengkonsumsi setidaknya 1.100 mg asam lemak omega 3 setiap harinya, sementara itu remaja pria membutuhkan sekitar 1.600 mg omega 3 setiap harinya, bagi perkembangan otaknya.

Beberapa jenis makanan kaya lemak baik adalah minyak sayuran, minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, dan olive.

Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Selain zat besi, para remaja laki-laki dan perempuan membutuhkan berbagai vitamin dan mineral dalam jumlah yang sama. Karena remaja perempuan mengalami kehilangan darah akibat menstruasi, maka mereka membutuhkan lebih banyak zat besi daripada remaja laki-laki.

Kebutuhan zat besi harian bagi remaja laki-laki adalah sebesar 11 mg setiap ahrinya, sementara itu remaja perempuan yang berusia antara 14-18 tahun membutuhkan sekitar 15 mg zat besi setiap harinya, dan sekitar 27 mg zat besi setiap harinya bila hamil atau menyusui.

Beberapa jenis makanan sumber zat besi adalah daging sapi tanpa lemak, daging unggas, polong-polongan, bayam, kismis, dan sereal yang telah diperkaya dengan zat besi.


Sumber berita :  dokter.id/ Sumber foto : medicastore.com

Komentar

Artikel Terkait