6 Kebiasaan yang Bisa Dicoba Supaya Puasa Kamu Makin Sehat

 

itoday - Memasuki bulan Ramadhan 1440 H penduduk Indonesia yang sebagian besar umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Nuansa berbeda karena perubahan pola tidur, makan, hingga aktivitas membuat bulan Ramadhan jadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mencoba hal baru.

Sebagai contoh misalnya orang-orang yang ingin jadi lebih sehat bisa mencoba beberapa kebiasaan baik yang sebelumnya mungkin sulit dilakukan. Harapannya kebiasaan tersebut bisa terus melekat bahkan setelah Ramadhan berakhir.

Berikut beberapa contoh kebiasaan sehat yang bisa kamu coba selama Ramadhan:

1. Olahraga pagi

Usai sahur dan menunaikan salat subuh, daripada merangkak kembali ke tempat tidur coba kenakan pakaian olahraga kamu mulai menggerakkan badan.

Menurut spesialis olahraga dr Michael Triangto, SpKO, dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran olahraga di pagi hari dapat memiliki manfaat mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kemampuan jantung dan paru, hingga memperkuat tulang.

Yang penting, imbuh dr Michael adalah berolahraga ketimbang tidak berolahraga sama sekali.

2. Atur pola makan

Kalau biasanya kamu lupa apa saja yang sudah dikunyah mulut satu hari penuh, maka berpuasa dapat jadi 'rem' yang dapat membantu mengatur kembali pola makan. Ahli kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan lewat berpuasa sebetulnya banyak orang menunjukkan bahwa mereka mampu untuk hidup sehat.

"Pasti makannya enggak full. Karena enggak boleh ada istilahnya balas dendam buka itu untuk menggeser makan siang. Memang saat puasa kita mengurangi makan kita dari tiga (porsi -red) menjadi dua," kata dr Ari beberapa waktu lalu.

3. Perbanyak makan buah

Buah kurma mungkin jadi lebih sering kita konsumsi selama bulan Ramadhan. Nah kalau bisa coba jangan berhenti di situ dan biasakan membeli berbagai variasi buah lain untuk dikonsumsi.

Buah kaya akan serat, vitamin dan mineral yang baik untuk pencernaan tubuh. Konsumsi buah sebelum makan dilihat oleh beberapa studi dapat membantu mengendalikan berat badan dan memperbaiki suasana hati.

4. Minum air putih

Sehari-hari kita bisa tidak sadar sering mengonsumsi minuman dengan gula tambahan menjadi kalori ekstra untuk tubuh. Nah di bulan puasa air putih mungkin akan jadi terasa lebih penting karena dibutuhkan untuk melepas dahaga.

Sehari-hari kita sebetulnya disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua liter air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Di bulan puasa hal ini bisa dicapai dengan cara minum segelas setelah bangun, setelah sahur, setelah azan magrib, setelah salat magrib, setelah makan buka puasa, sebelum salat isya, setelah tarawih dan terakhir sebelum tidur.

5. Atur waktu tidur

Nah di bulan Ramadhan ini juga kamu bisa mulai belajar untuk mengatur waktu tidur sehingga tubuh cukup istirahat dan bangun lebih awal untuk sahur. Karena kalau tidak, bisa jadi kamu akan melewatkan sahur sehingga tidak bisa menjalankan puasa dengan khusyuk.

Jangan lagi sering begadang tanpa ada alasan yang kuat.

6. Berhenti merokok

dr Ari menyebut kalau bulan puasa bisa dijadikan momen yang tepat untuk mulai belajar berhenti merokok. Alasannya karena di bulan ini banyak perokok sebetulnya menunjukkan kalau diri mereka bisa mengurangi konsumsi rokok.

"Momen puasa ini istilah saya adalah momen move on. Move on dari apa saja. Kenapa saya bilang gitu karena kalau Anda puasa pada saat sahur sampai buka merokok atau enggak? Enggak kan? 14 Jam Anda bisa tidak merokok," kata dr Ari.

"Bisa pasti bisa, enggak ada kata enggak bisa. Kalau bukanya mesti merokok ya silahkan saja tapi mesti dihitung. Sehebat-hebatnya dia soal rokok, misal bisa sampai tiga bungkus, kalau berpuasa enggak mungkin tiga bungkus itu dihisap dari mulai buka sampai sahur lagi. Pasti akan berkurang," pungkasnya.

Sumber Berita : health.detik.com / foto : suplemenku.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 129 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 144 kali

Kambing Naik Alphard