Tips Nyaman Tidur Sambil Berdiri di Dalam Kendaraan Umum

itoday - Teorinya, tidur cukup akan membantu Anda untuk tetap waspada dan bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak, seperti mengingat, belajar, dan berkembang. Namun, saat setiap hari dihadapkan dengan deadline tak berujung di kantor maupun sekolah dan malam yang terasa sangat singkat, sulit untuk menyempatkan diri beristirahat sejenak.

Kurang tidur di malam hari, tapi harus kembali berangkat pagi-pagi buta. Akibatnya, kita mengantuk saat jam kerja dan tugas tidak bisa terselesaikan tepat waktu. Ujung-ujungnya harus lembur. Begitu seterusnya.

Mau tidak mau, Anda harus putar otak cari cara lain agar tetap dapat istirahat yang cukup sehingga terbebas dari lingkaran setan ini. Semua cara telah dicoba, mulai dari curi waktu tidur siang di kantor, hingga menenggak bergelas-gelas kopi sepanjang hari.

Bagaimana dengan tidur berdiri? Jangan kaget dulu.

Bisa tidaknya seseorang tidur berdiri sangat tergantung dari definisi seseorang mengenai tidur. Sejumlah orang yang harus tetap berdiri saat melakukan pekerjaan pernah melaporkan mereka bisa jatuh tertidur (atau, berdiri tertidur), namun pengalaman tersebut hanya sebatas tidur ayam, alias istirahat sejenak, dan bukan tidur sungguhan. Umumnya, hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk benar-benar tidur berdiri dengan pulas selama berjam-jam tanpa dukungan eksternal sama sekali.

Mungkin tidur sambil berdiri bukan pemandangan yang asing lagi bagi Anda pengguna rutin transportasi umum, baik kereta atau bus kota. Setidaknya pasti ada satu dua penumpang yang berdiri sambil memejamkan mata. Walaupun hanya sejenak dan tidak pulas, ternyata tidur ayam ini ampuh juga, lho, untuk usir kantuk!

Sebelum mencoba, baca dulu tips tidur berdiri dengan nyaman di bawah ini.

1. Bersandar atau berpegangan

Cari posisi di pojokan gerbong, kursi, atau menempel di dinding bus agar Anda bisa menyenderkan punggung. Jika kondisi tidak memungkinkan, berpegangan pada handrail yang disediakan (menggantung di atas atau di sisi pintu).

Posisi yang paling nyaman adalah berdiri santai dengan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan berat tubuh dan ikuti gerakan goyang kereta.

2. Amankan barang bawaan

Taruh bawang bawaan Anda di rak untuk memudahkan Anda tidur selama berdiri. Jika bawaan tidak terlalu besar, pindahkan ransel ke depan badan Anda. Jangan paksakan untuk memegang bawaan karena justru akan merepotkan Anda jika bawaan terlepas dari genggaman saat Anda pulas tertidur.

3. Dengarkan musik

Pastikan baterai handphone Anda selalu dalam keadaan penuh agar Anda bisa mendengarkan musik selama tidur. Biasanya, komuter di pagi-pagi buta akan penuh sesak dan ramai. Suara bising mungkin malah akan mengganggu dan memecah konsentrasi Anda saat tidur. Dengarkan musik kesukaan Anda untuk membuat tubuh rileks, dan ingat, jangan pula mencoba ingat-ingat deadline hari ini!

Sumber : hellosehat.com / Gambar : thestyletravelista.com

Komentar

Artikel Terkait