Olahraga Tiap Hari Vs Weekend Saja, Samakah Manfaatnya?

itoday - Beberapa orang menyempatkan waktunya di pagi atau sore hari untuk melakukan olahraga secara rutin atau setiap hari. Tapi banyak juga yang lebih memilih untuk berolahraga di akhir pekan karena waktunya yang lebih panjang dan tidak ada aktivitas tertentu yang menghalangi.

Dokter spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, menuturkan mereka yang olahraga setiap hari dan hanya di akhir pekan memiliki risikonya masing-masing.

"Olahraga di akhir pekan disebutnya weekend warrior, jadi 150 menit dia 2 jam misalnya. Sekarang jalau kita melihat sebuah mobil nggak pernah dipakai tiba-tiba dipakai dari Jakarta sampai Banda Aceh, kira-kira gampang rusak nggak?," tuturnya saat dihubungi oleh detikHealth, baru-baru ini.

"Jadi lebih baik kita harus ada idealnya. Intensitasnya sedang, secara teratur, lima kali seminggu, 30 menit sehari atau lebih ringan boleh tapi musti lebih banyak atau lebih lama," sambungnya. 

Berolahraga setiap hari juga sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Sebab, tubuh perlu diberi istirahat atau rehat sejenak dari aktivitas berolahraga apalagi jika melalukan latihan dengan intensitas tinggi.

"Harus ada istirahat untuk recovery dan perbaikan sel-sel dari otot, saraf tulang yang mengalami kerusakan saat melakukan latihan," imbuhnya.

 

Sumber Berita : health.detik.com / foto : hellosehat.com

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 22 Agustus 2019 - 14:35 WIB

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes

Kamis, , 22 Agustus 2019 - 12:09 WIB

Kepuasan Seksual Semakin Meningkat Berkat Olahraga

Telah dilihat : 155 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 182 kali

Kambing Naik Alphard