Mulai Gaya Hidup Sehat dengan 8 Cara Ini

 

itoday - Gaya hidup sehat tengah menjadi tren positif yang kian diminati. Selain memilih makanan yang bernutrisi dan sehat, rutin berolahraga kini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan banyak orang.

Rajin pergi ke gym menjadi pilihan rutinitas gaya hidup sehat yang digemari kaum urban. Bagi Anda yang ingin mencobanya, tak pernah ada kata terlambat.

Apalagi berolahraga di gym memiliki beragam pilihan dan membuat tubuh bugar. Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana cara memulain gaya hidup sehat dengan berolahraga, berikut 8 tips yang bisa dicoba, seperti dikutip dari bt.com, Selasa (27/3/2018).

1. Tentukan tujuan realistis

Sebelum Anda mulai berlangganan gym atau kelas-kelas kebugaran, tentukan dulu target yang realistis. Tambahkan pencapaian yang baru jika yang lama telah tercapai. Dengan begitu Anda akan melihat banyak kemajuan bukan kegagalan.

2. Jangan memaksakan diri

Mulailah perlahan di minggu pertama berolahraga di gym. Liburlah beberapa hari dan fokus kepada diet Anda. Anda bisa menambah beban dan intensitas olahraga, tapi istirahat juga merupakan hal yang penting untuk memulihkan tubuh.

3. Variasi jenis olahraga

Jika Anda tak lagi menikmati suatu latihan, ganti dengan gerakan yang lain. Bosan dengan gym, padukan dengan mengikuti kelas-kelas kebugaran seperti yoga, zumba, dan lain-lain.

4. Perhatikan penampilan

Tentunya penampilan akan memberi Anda semangat untuk berolahraga. Kunjungi toko olahraga dan cari pakaian dan sepatu yang Anda sukai. Pastikan perlengkapan tersebut nyaman dan melindungi Anda dari cidera.

5. Jangan takut meminta tolong

Jika Anda merasa ragu tentang olahraga yang dijalani, jangan ragu untuk bertanya. Bisa konsultasi ke instruktur atau teman yang sudah lebih lama untuk membantu dan menganjurkan gerakan-gerakan lain.

6. Carilah teman seperjuangan

 

Penelitian mengungkap adanya teman berolahraga akan membuat kecendrungan Anda untuk mangkir lebih kecil. Cari teman yang bisa memotivasi Anda ataupun sebaliknya.

7. Kenali diri Anda

Satu hal yang pasti di minggu awal Anda mulai berolahraga adalah rasa pegal. Tapi yakinlah rasa pegal akan terbayar dengan tubuh yang bugar. Jangan cepat menyerah!

8. Mempersiapkan makan

Alasan tersering seseorang tidak olahraga adalah lapar, jadi persiapkan makanan Anda dari awal. Ini penting bagi orang-orang yang serius ingin berolahraga. Masaklah dalam jumlah yang cukup sehingga Anda dapat mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat ketika Anda berolahraga.

 

 

Sumber Berita : liputan6.com / foto : halodoc.com

 

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 30 Agustus 2019 - 11:52 WIB

Kabur ke Gym Saat Karantina Campak, Pria Ini Dipenjara

Jumat, , 30 Agustus 2019 - 11:10 WIB

Fitur Baru Gojek Fasilitasi Para Pecinta Fitness dan Gym

Kamis, , 22 Agustus 2019 - 14:35 WIB

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes