8 Cara Fitness Untuk Pemula Yang Berbadan Kurus Yang Benar

itoday - Memiliki tubuh yang ideal tentu dambaan banyak orang. Umumnya, kriteria tubuh ideal yaitu tidak gemuk tidak juga kurus, semua pas. Meskipun begitu, seringkali kriteria tubuh idea masing-masing orang juga berbeda-beda. Namun, umumnya kebanyakan orang menganggap tubuh ideal adalah tubuh yang sehat dan terbentuk. Sayangnya, tubuh ideal tidak didapatkan begitu saja. Kebanyakan melakukan cara membentuk tubuh ideal dengan peralatan sederhana hingga melakukan fitness.

Kebanyakan mereka yang latihan di pusat kebugaran adalah untuk program menurunkan berat badan. Namun, ternyata banyak juga yang ke pusat kebugaran untuk menaikkan berat badan. Ada beberapa orang yang memang sudah bawaan lahir tidak bisa gemuk, tidak peduli sudah makan sebanyak apapun. Namun, sebenarnya ada cara-cara latihan yang bisa didapatkan untuk menaikkan berat badan menjadi ideal, terutama bagi pemula.

Nah, bagi Anda yang berbadan kurus dan ingin mendapatkan berat badan yang ideal, ada beberapa cara fitness yang baik dan benar yang bisa Anda coba ikuti. Berikut adalah cara fitness untuk pemula yang berbadan kurus yang bisa jadi panduan Anda untuk melakukan fitness.

1. Latihan Angkat Beban

Bagi Anda pemula yang berbadan kurus, cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam program fitness Anda yaitu latihan mengangkat beban. Latihan angkat beban dapat membantu proses penumbuhan otot dan sebagai olahraga untuk meningkatkan stamina yang baik. Jika ingin maksimal, lakukan latihan angkat beban lebih sering. Memang pada awalnya akan terasa sulit namun jika dilakukan berkali-kali maka tubuh Anda akan terbiasa.

Pada awal-awal latihan, Anda bisa melakukan latihan angkat beban 3-4 kali dalam seminggu. Semakin sering Anda melakukannya, maka akan semakin cepat hasilnya. Namun, perlu diingat bahwa harus ada jeda atau istirahat sehari untuk masa pemulihan. Cara ini memang terbilang cukup berat bagi pemula, namun jika dilakukan dengan benar maka tidak akan membuat cidera.

2. Lakukan Latihan Kombinasi Otot

Selanjutnya, cara fitness untuk pemula yang berbadan kurus bisa Anda lakukan dengan melakukan latihan kombinasi otot. Latihan fisik kombinasi otot ini bisa Anda jadwalkan menurut hari. Misalnya hari Senin Anda melatih otot bicep, otot perut, dan dada lalu di hari lainnya lakukan kombinasi otot lainnya. Pokoknya pada setiap sesi latihan Anda melakukan latihan kombinasi otot yang berbeda-beda. Namun, perlu diingat untuk melakukannya pelan-pelan jangan sekaligus. Karena Anda masih pemula, biarkan tubuh Anda terbiasa terlebih dahulu.

3. Minta Bantuan Pelatih

Karena Anda masih pemula, jangan dulu langsung melakukan semuanya sendirian. Mintalah bantuan dan bimbingan pelatih untuk melakukan latihan fitness yang sesuai untuk Anda dan tujuan yang ingin Anda capai. Memang untuk orang kurus biasanya akan diarahkan melakukan angkat beban. Namun, karena Anda masih pemula dan belum terbiasa, Anda akan membutuhkan bantuan orang lain. Dalam hal ini adalah pelatih pribadi Anda.

Biasanya pada tahap-tahap awal, pelatih akan menyarankan Anda mengangkat beban yang ringin terlebih dahulu untuk membiasakan otot-otot Anda. Setelah sudah terbiasa, lalu akan dialihkan pada beban yang lebih berat lagi. Begitu terus sampai akhirnya otot-otot Anda sudah terbiasa mengangkat beban yang lebih besar secara konsisten. Setelah Anda sudah mengimbangi proses latihan angkat beban dengan baik, Anda bisa berlatih sendiri tanpa pelatih.

4. Konsumsi Daging

Selain melakukan kegiatan fisik, salah satu cara fitness untuk pemula berbadan kurus dapat dimaksimalkan dengan mengonsumsi daging. Mengonsumsi daging dapat membantu untuk membentuk massa otot. Daging, khususnya daging sapi merah segar kaya akan serat, protein, dan lemak baik yang sangat dibutuhkan tubuh.

Agar program fitness Anda berjalan maksimal, konsumsi 500-1000 kalori daging setiap hari dapat membantu program Anda. Namun juga harus diperhatikan daging yang Anda konsumsi. Ketahui ciri-ciri daging yang sehat agar Anda tidak sampai salah makan.

5. Konsumsi Makanan yang Tepat

Cara fitness untuk pemula berbadan kurus selanjutnya bisa Anda imbangi dengan faktor di luar olahraga. Pertama-tama dari makanan yang Anda konsumsi. Karena Anda sedang menjalani program fitness untuk mendapatkan tubuh ideal yang Anda inginkan, Anda juga harus memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang dapat membantu menambah dan membentuk massa otot Anda

Makanan-makanan yang tepat untuk menemani program fitness Anda yaitu yang mengandung tinggi protein, karbohidrat, dan serat. Makanan-makanan yang mengandung protein untuk diet dan program fitness antara lain daging, telur, sayuran hijan, dan buah-buahan. Konsumsi makanan-makanan ini secara rutin dan atur takaran gizi yang Anda butuhkan setiap harinya.

6. Banyak Makan

Karena Anda sedang menjalani program fitness untuk mendapatkan tubuh ideal, Anda perlu makan yang banyak. Alasannya karena setiap Anda latihan fisik atau fitness, Anda banyak mengeluarkan kalori dan tenaga. Lemak-lemak dalam tubuh Anda dibakar habis sehingga tidak ada cadangan lemak. Sebenarnya ini bagus, namun bagi Anda yang susah gemuk biasanya tidak terlalu ada lemak yang dibakar.

Lagipula jika porsi makan Anda sama saja dengan porsi sebelum melakukan fitness, maka justru apa yang Anda konsumsi terbakar habis melalui latihan fisik tadi. Maka dari itu mulai perbanyak porsi makan Anda, namun ingat harus tetap mengandung makanan-makanan yang dibutuhkan untuk program pembentukan massa otot.

7. Konsumsi Suplemen

Cara latihan fisik untuk pemula yang berbadan kurus juga bisa Anda imbangi dengan konsumsi suplemen. Sebenarnya ini bukan hal baru lagi. Kebanyakan mereka yang latihan fisik di pusat-pusat kebugaran menggunakan suplemen tertentu untuk membantu programnya. Hal ini tentu tidak salah asal suplemen yang Anda konsumsi memang tepat. Suplemen yang cocok untuk orang kurus yaitu yang memiliki fungsi untuk menaikkan berat badan dan membantu pembentukkan massa otot.

Saat ini ada banyak suplemen penambah massa otot yang bisa ditemukan, ada yang dalam bentuk minuman maupun kapsul. Namun Anda perlu hati-hati karena tidak semua suplemen cocok Anda konsumsi. Ketahui bahaya minuman suplemen agar Anda bisa lebih awas dalam memilih suplemen yang tepat untuk Anda. Sebaiknya, Anda meminta saran dari pelatih fitness Anda untuk menentukan jenis suplemen apa yang cocok untuk Anda. Biasanya suplemen ini ada macam-macam dengan range harga yang juga beragam tentunya.

8. Lengkapi dengan Konsumsi Asam Amino

Cara fitness untuk pemula yang berbadan kurus yang terakhir yaitu sebagai pelengkap. Selama proses latihan fisik berjalan, Anda juga bisa memaksimalkannya dengan mengonsumsi asam amino. Selain protein dan karbohidrat, asam amino juga dibutuhkan untuk massa otot. Asam amino bisa Anda peroleh dalam bentuk suplemen maupun dari yang alami langsung.

Jika Anda tidak suka mengonsumsi dalam bentuk suplemen, Anda bisa mengonsumsi asam amino dari makanan. Makanan yang mengandung asam amino tinggi di antaranya yaitu buah-buahan seperti pisang, apel, mangga, alpukat, buah bit, dan lain-lain. Sementara untuk sayuran, di antaranya bayam, brokoli, kubis, dan lain-lain. Konsumsi makanan-makanan kaya asam amino yang tadi disebutkan untuk memaksimalkan program fitness Anda.

Demikian penjelasan mengenai 8 cara fitness untuk pemula yang berbadan kurus. Pada intinya, program fitness untuk orang kurus bertujuan untuk meningkatkan massa otot. Program latihan fisik yang cocok untuk tujuan itu adalah angkat beban. Lakukan latihan angkat beban dengan rutin dan diselingi juga dengan latihan kombinasi. Selain latihan fisik, maksimalkan juga dengan konsumsi suplemen dan makanan yang membantu proses pembentukkan massa otot. Selamat mencoba!

 

 

Sumber Berita : halosehat.com / foto : fitnessformen.co.id

Komentar

Artikel Terkait