Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar Sebagai Anak Kos

itoday - Menjadi anak kos memang tidak pernah mudah, dengan dana terbatas kamu harus bisa mengatur keuangan dan juga tetap menjaga gaya hidup sehat. Tidak seperti di rumah dengan makanan rumah yang dijamin sehat dan enak, jadi anak kosan membuat kamu berpikir ribuan kali sebelum membeli makanan. Kadang kamu juga lebih mementingkan “asal murah” dibandingkan yang lainnya.

Jadi anak kosan juga berarti kamu harus mencuci dan mengurus segala hal sendiri dan tidak bisa mengandalkan orang lain. Tak jarang kamu lupa tentang kesehatan kamu. Sebelum kamu jatuh sakit, cobalah beberapa hal ini, agar kamu bisa sehat selama jadi anak rantau yang jauh dari orang.

Memasak sendiri juga memastikan kalori yang masuk ke tubuh kamu memang yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kandungan gula dan garam yang kerap kali tidak bisa kamu halau kalau kamu beli makanan di luar.

Saat kamu memilih kosan yang memiliki dapur, tentu tujuannya agar kamu bisa memasak sendiri. Selain bisa lebih hemat, kamu juga memastikan yang kamu makan adalah masakan sehat.

Selain masak sendiri, usahakan tidak lupa memakan buah-buahan dan banyak minum air putih. Apalagi kalau kamu ke kampus jalan kaki dari kosan, kamu tentu tidak ingin dehidrasi dan membuat orang tua kamu khawatir bukan?

Terakhir urusan makanan, usahakan jangan terlalu banyak makan mi instan. Mi instan memang akan membuat kantong kamu aman, tetapi banyak pula anak kosan mengidap berbagai penyakit pencernaan akibat kebanyakan makan mi instan.

Usahakan pula makan tepat waktu, anak kosan sering kali terserang penyakit maag karena sering menunda makan, atau bahkan merapel jam makannya. Kalau bisa sisihkan dana untuk membeli suplemen, apalagi kalau kamu tengah banyak tugas.

 

Tidur cukup, Enaknya jadi anak kos, kamu bisa mengatur sendiri hidup kamu, termasuk saat kamu begadang, tidak akan ada ibumu teriak-teriak memaksa tidur. Namun, bukan berarti kamu bisa jadi kalong, yang justru tidur di siang hari dan melek di malam hari.

 

Selain mengganggu kuliah kamu, tentu ini juga akan mengganggu kesehatan kamu. Kalau kamu tidak bisa tidur di malam hari, cobalah berhenti main gadget dan minum susu hangat.

 

Bahkan saat kamu sudah tingkat akhir, jangan biasakan begadang, apalagi kalau kamu akan segera memasuki dunia kerja. Pola tidur yang buruk akan membuat etos kerja kamu kurang maksimal.

Olah raga teratur, Saat di sekolah, setidaknya kamu akan rutin berolah raga karena memang ada pelajarannya. Namun, tidak begitu saat menjadi mahasiswa.

Kamu bisa mengajak teman kosan kamu, atau teman kuliah kamu berolah raga seperti jogging di sekitaran kampus. Akan tetapi, kalau kamu tertarik tidak ada salahnya mengikuti kegiatan mahasiswa yang berbau olah raga, seperti sepak bola, basket, futsal, dan masih banyak lagi.

Dengan olah raga teratur kamu juga akan lebih sulit untuk terserang stres sebagai mahasiswa. Jaga pula kesehatan hati kamu dengan tidak sering-sering patah hati dan membuat kesehatan fisik kamu terganggu.

Rutin membersihkan kamar kost,Kamu tidak harus rajin membersihkan kamar kos kamu, kamu hanya harus rutin. Kalaupun kamu tidak bisa beberes setiap hari, buatlah jadwal dua hari sekali. Jangan biarkan sisa makanan tergeletak di sudut kamar kamu. Pasalnya, hal ini akan sangat mengundang beragam penyakit.

Begitu juga baju kotor, mencuci seminggu minimal dua kali masih sangat ideal, dan bisa kamu lakukan pada akhir pekan. Satu hal yang sering terlupa, rutinlah mengganti sprei. Sebagai anak kosan kamu banyak melakukan kegiatan di kamar, terutama di atas kasur. Setidaknya sapu kasur kamu dengan sapu lidi sebelum tidur, agar tidak ada serangga yang menggigit kamu saat kamu terlelap.

Usahakan pula, menyapu atau mengelap meja atau lantai usai kamu makan, sisa makanan akan sangat cepat menyerang serangga yang bisa jadi membawa beragam penyakit.

Selamat mencoba, semoga bisa hidup sehat ya meski jadi anak kos!

 

 

Sumber Berita : cekaja.com / foto : lifestyle.kompas.com

 

 

 

Komentar

Artikel Terkait