6 Gerakan Yoga yang Bisa Bikin Kamu 'Lancar' Kentut

itoday - Kentut merupakan proses alami tubuh dan kadang terjadi tanpa bantuan. Namun terkadang, kita juga mengalami penumpukan gas di tubuh yang menyebabkan kembung dan nyeri.

Tak boleh dibiarkan, susah kentut juga harus segera diatasi. Penyebab dari kondisi ini bisa jadi karena makanan tertentu atau makan terlalu cepat dan memakai pakaian terlalu ketat di perut.

Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa gerakan yoga yang disebut 'asana' yang bisa membantu merilekskan tubuh dan membantu melepaskan gas yang menumpuk atau meredakan keram dan kembung. Sebelum mencobanya, pastikan terlebih dahulu sekelilingmu mendukung untuk rileks.

1. Child's pose

Child's pose merupakan pose yoga dasar yang mungkin menjadi salah satu yang paling membantu melepaskan gas yang menumpuk di perut. Posisi ini merilekskan pinggang dan punggung bagian bawah dan bisa membantu gas bergerak melewati usus.

Cara melakukannya: mulai dengan berlutut dengan kedua kaki dan tangan, lalu dorong pantat hingga menyentuh tumit. Rentangkan tangan ke depan tubuh, menyentuh karpet atau kasur.

Biarkan kening menyentuh dasar dan bagian torso menyentuh paha yang akan memberik tekanan lembut. Ambil napas dalam-dalam dan rileks sampai gas keluar.

2. Knee to chest pose

Nama lain dari pose ini adalah apanasana, yang berarti pose pergerakan energi ke bawah. Pose ini kerap divariasikan menjadi pose wind-relieving atau untuk melegakan perut kembung gas. 

Cara melakukannya: berbaring dan angkat kaki, membentuk sudut 90 derajat. Tetap rapatkan lutut dan pergelangan, lingkarkan tangan di balik lutut dan tarik paha ke arah dada. Masukkan dagu atau coba mencium lutut jika mampu. 

Tahan posisi ini selama 15 detik hingga satu menit dapat memberi tekanan pada abdomen untuk membantu tubuh melepaskan gas kentut. Jika ingin lebih nyaman, baringkan kepala. 

Komentar

Artikel Terkait