Waspada! 5 Alarm Bahaya Kamu Olahraga Terlalu Berlebihan

itoday - Olahraga sudah bisa dipastikan baik untuk kesehatan. Tapi jika dilakukan secara berlebihan juga bisa menimbulkan dampak negatif.

Metro.co.uk melaporkan bahwa 3 persen orang yang rutin nge-gym mengaku ketagihan olahraga dan bisa melakukannya setiap hari. Bukannya sehat, mem-forsir tubuh untuk terus beraktivitas fisik bisa berakibat kelelahan, kerusakan pada otot hingga dehidrasi.

Lantas bagaimana gejalanya jika seseorang sudah olahraga berlebihan? Ini tanda-tandanya seperti dipaparkan pelatih fitnes asal Inggris, Jason Briggs.

1. Selalu Kehausan

Jika kamu terus merasa haus, padahal baru saja minum sebotol air putih beberapa menit lalu, maka kemungkinan kamu mengalami dehidrasi akibat terlalu keras olahraga. Kenapa bisa begitu?

"Olahraga membuat tubuh meregang dan membuatnya berada dalam kondisi katabolik (proses di mana tubuh mencerna makanan menjadi molekul-molekul kecil untuk digunakan sebagai energi). Kalau kamu latihan setiap hari maka tubuh akan terus menerus memecah jaringan otot untuk melepaskan energi," jelas Jason

Akibat dari proses tersebut, maka bisa terjadi dehidrasi, yang menyebabkan kamu terus merasa haus.

2. Mood Tidak Stabil

Olahraga bermanfaat melepaskan endorphin yang bisa membuat mood lebih baik dan merasa bahagia. Tapi ketika kamu kecanduan fitnes atau olahraga, yang terjadi bisa sebaliknya.

"Olahraga berlebihan bisa berefek pada hormon stres yakni kortisol dan epinefrin. Akibatnya akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang membuat mood jadi jelek dan mudah marah," terangnya.

3. Sulit Tidur

Fitnes 2-3 kali seminggu akan membuat kualitas tidur lebih baik. Namun kamu bisa kesulitan tidur bahkan insomnia jika terlalu sering olahraga.

"Sistem syaraf tepi (berlokasi di luar tengkroak dan tulang belakang) akan terus menambah aktivitasnya karena menganggap tubuh harus selalu butuh energi. Hal ini akan membuat kamu tidak bisa fokus pada apapun dalam waktu yang lama," kata Jason.

4. Tidak Merasa Lapar

Olahraga berlebihan sampai kamu hanya ingin fokus beraktivitas fisik akan membuat selera makan berkurang drastis. Akibatnya, tubuh bisa kekurangan nutrisi karena kamu tidak enak makan.

"Tubuh memerlukan bahan bakar untuk membantu memperbaiki otot setelah olahraga. Kalau kamu tidak cukup makan maka tubuh tidak punya cukup nutrisi untuk memulihkan dirinya sendiri," ucapnya.

5. Jadi Sering Pilek

Jason mengatakan salah satu akibat lain dari olahraga berlebihan adalah tubuh jadi mudah sakit. Sebab tubuh yang terlalu diforsir untuk melakukan aktivitas berat, sistem imunnya bisa melemah, karena selalu kelelahan dan tidak diberi waktu memulihkan diri.

"Energi yang seharusnya digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap berfungsi jadi terkuras untuk proses pemulihan otot yang telah digunakan secara berlebihan," pungkasnya.

Maka dari itu jika tiga saja dari lima gejala tersebut sudah kamu alami, kemungkinan besar kamu sudah olahraga berlebihan, dan jika diteruskan bisa mengancam kesehatan. Ada baiknya beristirahat sejenak dari nge-gym dan berikan tubuh waktu untuk masa pemulihan. Jika kondisi tak membaik segera konsultasikan dengan dokter spesialis olahraga.

 

 

Sumber Berita : wolipop.detik.com / foto : wolipop.detik.com

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 30 Agustus 2019 - 11:10 WIB

Fitur Baru Gojek Fasilitasi Para Pecinta Fitness dan Gym

Kamis, , 22 Agustus 2019 - 14:35 WIB

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes