Yang Boleh dan Tak Boleh Saat Seseorang Ingin Lasik Mata

itoday - Orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus, silinder, atau plus kebanyakan menggunakan kacamata sebagai alternatif agar bisa melihat dengan jelas. Namun ada beberapa kondisi yang membuat penggunaan kacamata menjadi tidak diperbolehkan seperti pada pekerjaan tertentu.

Tak hanya itu, menggunakan kacamata bisa menimbulkan ketidaknyamanan ketika minus mata sudah sangat tinggi karena ukuran lensa kacamata sudah sangat tebal. Hal ini menjadikan prosedur operasi LASIK atau laser mata menjadi pilihan bagi beberapa orang.

"Kacamata sudah nggak enak dipakai kalau matanya sudah diatas minus 1 karena lensanya tebal. Beberapa aktivitas jadi terganggu, misal olahraga, berenang, yang kadang repot kalau pakai kacamata," sebut spesialis mata dari klinik Jakarta Eye Center, dr Setiyo Budi Riyanto,seperti dilansir detikHealth, Rabu (14/8/2019).

Meski menjadi alternatif penyembuhan kerusakan mata, tidak semua orang bisa operasi LASIK. dr Budi menuturkan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi pasien sebelum melakukan LASIK.

"Kita pra-LASIK dulu untuk mengecek korneanya. Pasien yang mau lasik diperiksa dulu ketebalan korneanya karena nggak semua orang bisa LASIK. Kalau tipis nggak masuk kriteria" tambahnya.

Alasan tersebut didasari karena pada saat operasi LASIK, kornea mata akan dibuka terlebih dahulu kemudian dilakukan pengikisan kornea dengan laser untuk mengoreksi kelainan refraksi baik itu minus, plus, atau silinder. Sehingga mata dengan kornea tipis tidak dianjurkan karena ditakutkan akan merusak mata.

"Ibu hamil dan menyusui juga tidak boleh karena secara hormonal akan mengganggu proses pemulihan LASIK," tambahnya.

Selain itu, syarat lain untuk operasi LASIK yakni harus berusia minimal 18 tahun dengan minus maksimum -14. Kondisi kedua mata harus dalam keadaan sehat dan bagi pengguna softlens harus melepasnya selama 14 hari sebelum operasi.

"Kenapa minimal 18 tahun karena kalau masih muda misalnya 15 tahun, kondisi mata masih bisa berubah. Bisa saja dia di usia tersebut minus 8 lalu ketika usia 20 bertambah jadi 11. Sebelum usia 18 kita masih anjurkan untuk menggunakan kacamata" pungkasnya. 

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 15 Agustus 2019 - 09:07 WIB

Yang Boleh dan Tak Boleh Saat Seseorang Ingin Lasik Mata

Telah dilihat : 151 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 174 kali

Kambing Naik Alphard