Banyak Upil di Hidung Saat Bangun Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya

itoday - Pernahkah kamu mengalami usai bangun tidur tiba-tiba hidung penuh oleh upil padahal sebelumnya tidak ada. Apakah hal ini normal? Menurut dokter spesialis kesehatan hidung, telinga, dan tenggorokan penyebabnya bisa karena berbagai sebab.

dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, dari RS Permata Depok menjelaskan pada dasarnya upil adalah lendir atau ingus kering yang berfungsi untuk menangkap polusi atau kuman di udara. Tanpa ingus atau upil maka seseorang berisiko menghirup udara kotor.

Nah apa saja yang bisa membuat hidung jadi banyak upil saat bangun tidur? Ini contohnya:

1. Polusi

Bila tingkat polusi udara sedang tinggi karena berbagai sebab maka secara otomatis selaput lendir akan memproduksi lebih banyak ingus sebagai bentuk pertahanan. Dampaknya ketika bangun tidur kita bisa merasa seolah-olah upil jadi lebih banyak.

2. Seprai kotor

Kadang ancaman debu atau kuman bisa datang juga dari tempat tidur. Seprai yang lama tidak diganti bisa jadi sarang kotoran sehingga lagi-lagi memicu selaput lendir untuk memproduksi ingus. Paginya hidung kamu jadi penuh deh dengan upil.

3. AC

Kalau kamu tidur dengan air conditioner (AC) upil juga bisa lebih mudah terbentuk. Hal ini bisa karena kotoran dari AC bila jarang dibersihkan dan kelembapan udara yang cenderung kering.

Udara kering bisa membuat lendir atau ingus jadi mengering lebih cepat membentuk upil.

4. Infeksi

Beberapa kondisi seperti misalnya infeksi dapat meningkatkan produksi lendir di rongga hidung. Dampaknya upil juga bisa jadi lebih mudah terbentuk.

 

Sumber

Komentar

Artikel Terkait