Dari Tak Bergairah hingga Mudah Ngantuk, Ini 10 Tanda Hormon Testosteron Anda Berkurang

Ilustrasi

itoday - Hormon testosteron yang dimiliki oleh pria, memang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Salah satunya adalah mengatur sistem reproduksi.

Selain itu, testosteron juga memiliki fungsi dalam pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Lantas, apakah hormon ini bisa berkurang seiring menurunnya kinerja pria?

Dokter spesialis bidang Andrologi dr Nugroho Setiawan, MS, Sp.And mengungkapkan, seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kadar hormon testosterone dalam tubuh pria, biasanya terjadi pada pria 40 tahun ke atas.

Data dari sebuah studi menunjukkan bahwa terdapat 38,7% pria dengan usia di atas 45 tahun memiliki kadar testosteron kurang dari kadar normalnya yaitu, kurang dari 300 nanogram/desiliter (ng/dL).

"Pria yang mengalami gejala–gejala kekurangan hormon testosteron harus segera berkonsultasi, dan memeriksa kadar testosteronnya untuk mendapatkan terapi sulih hormon, sehingga kualitas hidup juga menjadi lebih baik," kata dr Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa terapi sulih hormon testosteron dapat memperbaiki setiap komponen sindrom metabolik.

Rendahnya hormon testosteron dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk gangguan psikologis, gangguan metabolik, gangguan kardiovaskular, gangguan seksual, permasalahan fisik, serta risiko kematian yang lebih tinggi.

Banyak pria yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami kekurangan hormon testosteron. Berikut ini 10 gejala yang harus Anda ketahui, berdasarkan ADAM questionnaire.

Berikut ini 10 gejala yang harus Anda ketahui, berdasarkan ADAM questionnaire :

1. Penurunan dorongan seksual akhir-akhir ini

2. Lemas

3. Daya tahan menurun

4. Tinggi badan berkurang

5. Kenikmatan hidup menurun

6. Mudah marah

7. Disfungsi ereksi

8. Penurunan kemampuan olahraga

9. Sering mengantuk

10. Penurunan prestasi kerja

Jika seorang pria mengalami gejala nomor satu atau nomor tujuh, atau mungkin tiga gejala sekaligus, maka pria tersebut mungkin kekurangan hormon testosteron.

 

Sumber berita : okezone

Sumber foto : suara.com

Komentar

Artikel Terkait