dr Kristoforus HD, SpPD: Lebih baik melakukan pencegahan sejak dini

 

iToday - Dalam acara Jakarta Marketing Week (JMW) 2017, In Harmony clinic memberikan seminar mencegah kanker serviks. Bertempat di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, dr Kristoforus HD, SpPD, Founder & Chief Executive Officer, Internist & Vaccinologist menjelaskan bahwa penyebab kanker serviks 99% oleh human papillovirus (HPV).

Kanker serviks merupakan kanker ganas yang mematikan. Kanker serviks disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), yang terjadi pada organ reproduksi wanita di daerah leher rahim. Jika memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar dan merusak organ tubuh lainnya.

“Bahkan di Indonesia perkembangannya terus meningkat drastis dan perempuan beresiko mulai dari 36-55 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan di bawah usia tersebut,”kata dr.Kristo saat menjadi pembicara talkshow

Lebih lanjut dokter berkacamata ini mengatakan, pada tahap awal terjangkit kanker serviks hampir tidak ada gejala yang bisa dirasakan. Tetapi pada tingkat lanjut mulai timbul gejala. Bila mendapati gejala tersebut, ia menyarankan untuk segera periksa ke rumah sakit. Namun sebagai langkah pencegahan, sebaiknya dilakukan deteksi dini bagi perempuan meskipun tidak merasakan gejala apapun.

“Di tingkat lanjut gejala yang dirasakan mulai dari sakit di punggung, penurunan berat badan drastis, hilangnya nafsu makan, pendarahan di kelamin hingga sulit buang air kecil,”katanya.

“Caranya dengan melakukan tes Pap smear dan IVA. Tes ini berperan untuk mendeteksi adanya pertumbuhan sel abnormal pada kelamin. Sehingga jika ditemui ada yang tidak wajar, maka bisa dilakukan penanganan selanjutnya yang tepat,”tambahnya

saat ini ada dua jenis vaksin yaitu Gardasil dan Cervarix. Vaksin Gardasil memberikan perlindungan mencakup 4virus penyebab kanker serviks dan kulit kelamin. Vaksin ini dapat digunakan oleh pria dan wanita. Sedangkan Cervarix adalah vaksin yang memberikan perlindungan infeksi virus HPV 16 dan 18.

Di akhir talkshow, dr Kristo mengajak masyarakat khususnya kaum perempuan untuk peduli akan kesehatan diri. Dan bagi yang sudah aktif melakukan hubungan seksual, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan.

“Lebih baik melakukan pencegahan sejak dini dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan,”tutupnya

 

 

 

 

 

Tags #kanker

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 713 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 707 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 886 kali

Nokia hadir di MWC 2017