8 Hal yang Terjadi di Tubuh Saat Kamu Kurang Makan

 

 

itoday - Makan merupakan kebiasaan sehari-hari yang membuat manusia bertahan hidup. Makan akan memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu pilih makanan tinggi nutrisi sehat nan alami.

Nah, karena merasa tidak nyaman dengan berat badan, kamu pun mengurangi kuantitas makananmu hingga membuatmu mengalami hal berikut ini.

Merasa lelah sepanjang waktu

Karena jumlah makanan yang kamu konsumsi dibatasi, maka kamu jadi mudah lelah. Untuk melakukan hal sederhana pun kadang kamu tak kuat. Sebabnya tubuh kekurangan bahan bakar sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Mudah lupa

Kurang makan akan menimbulkan gangguan kinerja kognitif dan memori. Akibatnya kamu jadi sering lupa atau kesulitan untuk mengingat.

Rambut rontok

Karena jumlah makanan berkurang, nutrisi untuk ke seluruh tubuh pun tak maksimal. Hasilnya, rambut jadi mudah rontok.

Sering lapar

Tanda lain yang jelas saat kamu kurang makan adalah mudahnya muncul rasa lapar. Sebab batasan makanan bisa menyebabkan ghrelin dan leptin atau hormon pengatur rasa lapar menjadi kacau.

Area perut menggemuk

Secara aneh, saat kamu mengurangi konsumsi makanan atau kalori, area perut akan bertambah gemuk. Sebabnya diet rendah kalori menyebabkan kadar hormon kortisol naik. Hormon ini terkenal bisa menyebabkan kenaikan berat badan di area perut.

Kamu merasa selalu kedinginan

Selalu merasa kedinginan adalah salah satu akibat dari kurang makan. Sebabnya tubuh tak memiliki bahan bakar untuk menghangatkan tubuh.

Siklus menstruasi terlambat dan sulit hamil

Kurang makan juga bisa membuat siklus menstruasimu kacau. Hal ini berakibat dengan tidak adanya ovulasi dan bisa membuatmu sulit hamil.

Mudah tersinggung

Kurang makan bisa membuat terjadinya gangguan emosional yang kemudian akan menyebabkanmu mudah tersinggung serta mood swing.

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 16 Oktober 2017 - 10:52 WIB

8 Hal yang Terjadi di Tubuh Saat Kamu Kurang Makan

Telah dilihat : 1692 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1649 kali

sahabat total episode 1