Penderita Diabetes di Indonesia Posisi 7 Dunia

itoday - Penderita diabetes melitus di Indonesia tercatat mencapai 6,9% atau sekitar 10 juta orang. Angka itu membuat Indonesia berada di urutan tujuh dunia sebagai negara pengidap diabetes. 

"Indonesia penderita diabetes tertinggi di dunia bersama dengan China, India, Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Meksiko," kata Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Dr Lily Sriwahyuni MM. 

Jika kondisi ini dibiarkan, diabetes bisa menyebabkan terjadinya komplikasi. Sementara, diabetes dengan komplikasi menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Peresentase kematian akibat diabetes di Indonesia merupakan yang tertinggi kedua setelah Srilanka.

"Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat, yaitu dari 5,7% (2007) menjadi 6,9% (2013). Sebanyak 2/3 orang dengan diabetes di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabates dan berpotensi untuk mengakses layanan kesehatan dalam kondisi komplikasi," jelasnya.

Melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), pemerintah berusaha menekan jumlah penyandang diabetes dengan cara mengkampanyekan kebiasaan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin, mengkonsumsi sayur, dan buah serta peningkatan aktivitas fisik.

"Orang tua, keluarga, dan khususnya ibu harus bisa mengedukasi hidup sehat. Jika sejak kecil anak dibiasakan makan buah dan sayur, kemungkinan kena penyakit tidak menular akan turun. Aktivitas fisik juga penting dilakukan," pungkasnya.

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 16 November 2017 - 00:02 WIB

Survei: Tiongkok Ancaman Terbesar Indonesia

Rabu, , 15 November 2017 - 11:36 WIB

Penderita Diabetes di Indonesia Posisi 7 Dunia

Telah dilihat : 1692 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1649 kali

sahabat total episode 1