Kenapa Habib Rizieq Shihab Diperiksa Oleh Kerajaan Arab Saudi?

itoday - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dikabarkan ditangkap oleh  kepolisian Kerajaan Arab Saudi. Kabar itu langsung ditanggapi oleh pemerintahan Jokowi melalui Kementrian Luar Negri Retno Marsudi ia mengatakan bahwa informasi itu sedang melakukan pengecekan.

"Kami sedang melakukan pengecekan, ibu Menlu (Retno Marsudi) barusan telepon saya untuk cari informasi yang valid tentang penangkapan habib Muhammad Rizieq Shihab," kata Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel.

Tak hanya itu Kuasa Hukum Habib Rizieq juga menanggapi hal itu, Kapitra Ampera meluruskan bahwa kliennya itu bukan ditangkap melainkan diperiksa oleh polisi.

Kapitra mengatakan, pemeriksaan itu diduga terkait dengan bendera berkalimat tauhid. Bendera itu diduga dipasang di tembok oleh orang tak dikenal di rumah yang ditempati Rizieq. Untuk diketahui, Kapitra mengaku dirinya masih sebagai pengacara Habib Rizieq Shihab.

"Diperiksa polisi KSA (Kerajaan Arab Saudi). Iya, diduga ada orang yang pasang bendera berkalimah tauhid di dinding tembok rumah HRS (Habib Rizieq Shihab)," kata Kuasa Hukum Rizieq, Kapitra Ampera, seperti dikutip detik.com .

Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel juga mengatakan bahwa Habib Rizieq Shihab yang keluar dari Indonesia sejak April tahun 2017 termasuk warga negara Indonesia "overstayer", yang visanya sudah habis masa berlakunya sejak Juli lalu.

Visa Rizieq Shihab di Arab Saudi habis pada tanggal 20 Juni dan, "Sejak tanggal itu posisi beliau WNI overstayer yang akan kena denda imigrasi sekitar 15-30.000 real atau per orang sekitar Rp120 juta, kali lima keluarganya...kemudian ada punishment (hukuman) beberapa tahun tak bisa masuk Saudi," tambahnya.

Berbagai sumber | foto : Kompas.com

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 19 November 2018 - 00:15 WIB

Ini Satu Kehebatan Messi yang Tak Dimiliki Ronaldo

Senin, , 19 November 2018 - 00:02 WIB

Kepala Bakamla RI Inspeksi Ruang Kerja di Jajarannya

Senin, , 19 November 2018 - 00:00 WIB

Public Memorial Stan Lee Akan Digelar oleh Managementnya