Bergejolak, Wakapolri Tinjau Lokasi Pembunuhan 31 Orang Oleh KKB Papua

itoday - Papua kembali bergejolak. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang para pekerja proyek Istaka Karya di Distrik Yigi Kabupaten Nduga, Papua.

Peristiwa pembunuhan sadis kembali terjadi, kali ini di wilayah Nduga, Papua, pada Minggu (2/12/2018).

Pembunuhan sadis ini dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) terhadap 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Pasca Kejadian itu, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto langsung berangkat meninjau lokasi bersama Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri.

"Untuk melakukan analisa situasi keamanan di Papua dengan beberapa PJU," terang Kadiv Humas Polri Brigjen Pol. Mochammad Iqbal seperti dikutip dari RMOL di Jakarta, Selasa (4/12).

Iqbal menambahkan, pasca penyerangan situasi di Papua maupun Papua Barat terpantau kondusif, hanya di Kabupaten Nduga yang masih ada konsentrasi aparat keamanan. 

"Dari pagi kita sudah bergerak ke lokasi," pungkasnya.

Sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Adapun pembantaian itu terjadi ketika para pekerja sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Informasi yang diterima dari berbagai sumber, para pekerja pembangunan jembatan itu diduga dibunuh lantaran mengambil foto pada saat perayaan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/ OPM) oleh KKB tak jauh dari lokasi kejadian.

Saat salah satu pekerja mengambil foto, hal itu kemudian diketahui oleh kelompok KKB. Hal itu membuat mereka marah dan mencari orang yang mengambil foto hingga berimbas kepada pekerja lainnya yang ada di kamp pembangunan jembatan.

"Didapati, 31 orang ditemukan tewas. 24 orang dibunuh hari pertama, 8 orang yang sempat menyelamatkan diri di rumah anggota DPRD dijemput dan dibunuh, 7 orang MD dan 1 orang belum ditemukan atau melarikan diri," jelas Kabid Humas Polda Papua AKBP Suryadi Diaz, Senin malam (3/12).

 

Berbagai Sumber |Foto:Detik

Komentar

Artikel Terkait